UPT. Kawasan Konservasi Perairan Gelar Bersih Pantai

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Pihak UPT. Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida mengadakan kegiatan bersih pantai yang dilakukan di tiga titik sekaligus yakni Pantai Ped, Banjar Nyuh – Toya Pakeh dan Pantai Penida atau Crystal Bay. Aksi beach celan-up melibatkan pihak kecamatan dan seluruh SKPD serta jajaran TNI. Tak ketinggalan siswa SMA, SMK, perangkat desa, pemuda hingga siswa SD ikut ambil bagian. Ratusan peserta disebar di tiga lokasi berbeda. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta pun menyempatkan diri hadir disela-sela padatnya agenda didampingi Camat I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya. Pihaknya memberi apresiasi pelaksanaan kegiatan dan berharap warga lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Nusa Penida yang kini semakin berbenah dan menjadi destinasi wisata harus bisa merawat lingkungan.

UPT. KKP menggelar bersih pantai di tiga titik dengan melibatkan berbagai pihak

Aksi kali ini juga didukung penuh oleh Coral Triangle Center (CTC) dan Friends of the National Park Foundation (FNPF). Kedua organisasi NGO memiliki kiprah dan peran penting dalam mendukung konservasi. CTC menjadi lembaga mitra yang sedari awal mendampingi upaya konservasi perairan. Outreach Site Manager CTC, Dewa Wira Sanjaya mengakui kegiatan patroli perairan secara berkala pun didukung CTC termasuk sosialisasi dan berbagai data pendukung lainnya.

“Kami mendukung untuk mengelola KKP Nusa Penida termasuk patroli berkala 1 kali setiap bulan, melaksanakan sidak ke lapangan dan di laut apabila ada laporan masyarakat. Kegiatan sosialisasi ke sekolah/pengusaha wisata/nelayan, penelitian dan pengumpulan data dan penelitian tentang kondisi terumbu karang, mola, pari manta dan lainnya,” terang Dewa Wira.

“Kami di CTC sifatnya memberikan dukungan. Tetap Pemkab Kungkung dan masyarakat Nusa Penida sebagai leading kegiatan. Kami juga melihat generasi muda aktif untuk menjaga dan membangun pulaunya,” imbuhnya

Kepala UPT. KKP Nusa Penida Nyoman Karyawan yang dikonfirmasi usai kegiatan berharap ada kesadaran dari masyarakat terhadap lingkungan. Menurutnya berbagai program akan berhasil jika ada dukungan penuh dari masyarakat dan juga stakeholder yang ada.

“Kegiatan berjalan denga lancar. Hampir setiap sekolah dan undangan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Kami berharap kegiatan bisa terus berlangsung secara berkelanjutan sehingga dapat mengedukasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan,” jelas Karyawan.

“Terima kasih kami ucapkan kepada stakeholder dan semua peserta serta dukungan dari SKPD, CTC, FNPF, siswa, para pemuda, perangkat desa dan masyarakat,” tambahnya.

Reporter: I Komang Budiarta

Editor: I Gede Sumadi