Warning: Use of undefined constant DISALLOW_FILE_EDIT - assumed 'DISALLOW_FILE_EDIT' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | UN Tak Lagi Menakutkan, Siswa Kelas XII Ikuti Ujian Sekolah
 

UN Tak Lagi Menakutkan, Siswa Kelas XII Ikuti Ujian Sekolah

PED, NUSA PENIDA POST

Sejak Senin, (23/3) lalu seluruh siswa kelas XII baik SMA/MA dan SMK serentak mengikuti ujian sekolah. Data Disdikpora menyebutkan ada lebih dari 2.000-an siswa yang terdiri dari 18 sekolah tingkat SMA/MA dan SMK. Ujian yang direncanakan berlangsung selama satu minggu berjalan cukup lancar. Pantaun awak media di SMA Negeri 1 Nusa Penida pada Selasa kemarin terlihat para siswa sudah masuk kelas sekitar pukul 07.00 dan ujian dijadwalkan mulai pukul 07.30 Wita.

Ketua Panitia Ujian Sekolah SMA Negeri 1 Nusa Penida, I Ketut Manis yang dikonfirmasi disela-sela pengawasan mengatakan jumlah siswa kelas XII yang mengikuti ujian sekolah tahun 2015 tercatat sebanyak 198 siswa. Dari total keselurahan, siswa laki-laki sebanyak 117 sementara 81 siswa perempuan dan dipastikan semua siswa hadir. Kepastian kehadiran diketahui dari rekap peserta yang menandatangi daftar peserta ujian.

Para siswa tampak sedang mengerjakan soal ujian sekolah, Selasa (24/3)

Para siswa tampak sedang mengerjakan soal ujian sekolah, Selasa (24/3)

“Khusus untuk SMAN 1 Nusa Penida, ujian sekolah diikuti sebanyak 198 siswa yang terdiri dari 117 siswa dan 81 siswi dan semua siswa dipastikan hadir,” jelas Manis.

Manis juga menjelaskan bahwa kelulusan siswa tidak sepenuhnya ditentukan oleh hasil ujian nasional. Selain penentuan melalui Kriteria Ketuntasan Minimal, kelulusan juga dipengaruhi nilai siswa terhitung dari semester ketiga hingga semester kelima termasuk tingkat kehadiran siswa selama mengikuti proses belajar mengajar.

“Jadi proses kelulusan ditentukan sekolah sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kalau dulu, semua kelulusan ditentukan oleh hasil UN. Sudah beberapa tahun ini nilai akhir kelulusan komposisinya seperti itu. Proses anak didik belajar sejak semester tiga sampai semester lima diikutsertakan, kehadiran siswa saat belajar juga jadi pertimbangan. Namun jika siswa tidak lulus diwajibkan mengulang kembali tahun ajaran berikutnya yakni 2015/2016,” paparnya.

Kondisi ini juga dibenarkan oleh Kepala SMAN 1 Nusa Penida, I Nyoman Dunia, menurutnya penentuan kelulusan tetap menghargai proses belajar anak didik. “UN tidak lagi mutlak menjadi penentu kelulusan. Proses belajar siswa tetap dihargai berikut juga nilai ujian sekolah. Harapan kami, semoga anak didik kami bisa lulus 100%,” tutup Dunia dengan penuh harap.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi