Tingkatkan Peran Serta, Pemuda Lembongan Resmikan Yowana Surya Mandala

LEMBONGAN, NUSA PENIDA POST

Geliat pariwisata di wilayah Lembongan semakin bergairah namun pengelolaannya minim peran serta kaum muda. Jika potensi wisata yang dimiliki bisa dikelola dengan andil dari golongan muda tentu saja generasi mendatang semakin berdaya dan memiliki daya saing. Prospek besar ini ternyata dilirik oleh kelompok pemuda dan memutuskan menyatukan diri dalam ikatan Karang Taruna Yowana Surya Mandala. Wadah organisasi ini diharapkan mampu mengambil peran lebih jauh. Pemuda sebagai garis depan pembangunan memang sudah sepantasnya menjadi sendi-sendi untuk turut memajukan desa sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki.

Pemuda Lembongan resmi membentuk Karang Taruna Yowana Surya Mandala

Pemuda Lembongan resmi membentuk Karang Taruna Yowana Surya Mandala

Sabtu lalu, (26/12), Karang Taruna Yowana Surya Mandala resmi dikukuhkan dihadapan aparatur desa. Pelantikan pengurus Yowana Surya Mandala dihadiri langsung Perbekel Desa Lembongan, Jro Bendesa Desa Pekraman Lembongan, Kepala Dusun, Kelian Banjar Adat, Babinsa, Kapolpos, Sabha Desa, Ketua BPD Desa Lembongan, Ketua LPM, termasuk Ketua LPD dan tokoh masyarakat.

Ketua Yowana Surya Mandala, Putu Manik Adi Putra menekankan semangat kebersamaan yang dibangun agar tetap dijaga hingga dengan modal solidaritas, visi misi yang dirancang bisa terwujud.

“Semoga kita tetap menjaga solidaritas dan tetap mengobarkan api semangat dalam diri kita agar visi dan misi Karang Taruna Yowana Surya Mandala bisa terwujud,’’ ujar Manik dalam sambutannya.

Menurut Manik, misi Karang Taruna Yowana Surya Mandal menitikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia, utamanya kaum muda termasuk meningkatkan sportivitas dalam berbagai dimensi. Karang taruna yang dipimpinnya saat ini juga diharapkan mampu memberi sumbangsih pada pembangunan desa dan menjadi pemuda yang berkarakter .

“Visi dari Karang Taruna Yowana Surya Mandala adalah menjadikan pemuda aktif, kreatif dan berkarakter,” imbuh Manik.

I Ketut Gede Arjaya selaku Perbekel Desa Lembongan menyambut baik terbentuknya inisiatif kaum muda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan.

“Sebagai perbekel saya mendukung dan sangat bangga atas pemikiran terbentuknya Karang Taruna Yowana Surya Mandala ini, dan besar harapan saya dan seluruh masyarakat Lembongan agar apa menjadi program tidak hanya dalam formalitas tapi harus dilaksanakan,” harap Arjaya.

Citizen Journalist: I Wayan Bagiayasa

Editor: I Gede Sumadi