The Leveh Band Sampaikan Apsirasi Lewat Lagu Ke Suwirta – Kasta

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Ada-ada saja cara orang untuk menyampaikan aspirasi kepada pemimpinnya. Umumnya orang menyampaikan aspirasi dengan cara  berorasi, menulis dan berdiskusi tetapi lain halnya dengan The Leveh Band yang menciptakan lagu untuk menyampaikan aspirasi. Aspirasi ini ditujukan  untuk I Nyoman Suwirta – I Made Kasta yang akan menjadi Bupati dan wakil Bupati Klungkung periode 2013 –  2018, The Leveh Band membuat lagu dengan judul Putra Harapan yang bisa ditonton video klipnya disini.

The Leveh Band yang digawangi Pande Kadek Heryana Saputra pada vocal sekaligus gitar, Kadek Ludra pembetot bass, Agus Gede Koriana penggebuk drum, Komang Budiarta pada lead gitar dan I Wayan Sukadana sebagai lead vocal pernah menyanyikan lagu yang berjudul Putra Harapan ini di depan bupati terpilih I Nyoman Suwirta di Warung Makan Be Pasih, Minggu, 22 September 2013. Pada saat itu berlangsung acara temu akrab dengan Forum Krama Muda Nusa Penida, Nusa Penida Media dan Yayasan Nusa Penida. Dengan membagikan teks lirik kepada peserta temu akrab termasuk bupati terpilih I Nyoman Suwirta, The Leveh Band menyanyikan lagu tersebut secara accoustic yang disambut riuh tepuk tangan para penonton di akhir lagu.

Personil The Leveh Band

Personil The Leveh Band

Ketika disinggung alasan membuat lagu Putra Harapan untuk I Nyoman Suwirta – I Made Kasta, The Leveh Band yang diwakili I Wayan Sukadana selaku pencipta mengatakan bahwa lagu itu merupakan inti sari dari aspirasi anak –anak muda.

“Lagu ini sebagai curahan hati kami sebagai anak muda Nusa Penida yang notabenanya bagian dari Klungkung. Kami kemas aspirasi dalam bentuk seni dengan harapan lagu ini menjadi nyata dan sekaligus pengingat kepada pemimpin Klungkung kedepan sesuai lirik lagu yang kami buat,” ujar Sukadana.

Sukadana pun menekankan bahwa lagu tersebut juga ditujukan kepada masyarakat Klungkung untuk selalu mendukung tanpa mengurangi kekritisan terhadap segala kebijakan yang dibuat bupati. Hal senada juga disampaikan Kadek Ludra selaku pemain bass.

“Lagu ini sebagai ‘sabuk pengaman’ pemimpin Klungkung untuk tidak lalai terhadap janji-janjinya, karena dengan format video yang diunggah di youtube, kita akan tinggal share di dunia maya maka semua orang akan kembali melihat dan mengingat janji Suwirta – Kasta,” terang Ludra.

Sedangkan ketiga personel lainnya Pande Kadek Heryana, Agus Gede Koriana dan Komang Budiarta ketika ditanya disela-sela pembuatan video klip, dengan kompak mereka mengatakan ingin menyampaikan aspirasi dengan karya seni.

“Lagu menjadikan sikap kritis yang terkesan pedas akan tetapi terdengar merdu, sehingga kami menggunakan ‘soft power’ untuk menyampaikan aspirasi,” ujar Agus Gede Koriana.

Diakhir interview dengan The Leveh Band, ketika ditanya apa yang akan dilakukan selanjutnya, Pande Kadek Heryana menyatakan akan tetap berkarya dengan prinsip mengalir seperti air, “Memang ada rencana membuat album tapi terbentur kesibukan personel dan biaya. Kita pelan tapi pasti akan realisasikan, kanggoang adengadeng,” aku Pande mengakhiri percakapan.

Editor: I Gede Sumadi