Warning: Use of undefined constant DISALLOW_FILE_EDIT - assumed 'DISALLOW_FILE_EDIT' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Tertib Administrasi, Pelajar SMA 1 Nusa Penida Rekam E-KTP
 

Tertib Administrasi, Pelajar SMA 1 Nusa Penida Rekam E-KTP

Banjar Nyuh, Nusa Penida Post
Saat ini pemerintah tengah gencar melaksanakan program tertib administrasi kependudukan. Salah satu program unggulan tersebut adalah dikeluarkannya E-KTP. Data yang terekam akan tersimpan pada komponen chip sesuai dengan standar internasional NISTIR 7123 dan Machine Readable Travel Documents ICAO 9303 serta EU Passport Specification 2006.  Pendataan ini sangat penting untuk menghindari penyimpangan akibat identitas ganda. KTP ini juga berlaku nasional sehingga tidak memerlukan KTP lokal dalam pengurusan berbagai dokumen. Keunggulan lainnya adalah adanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan pemerintah.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Klungkung melalui UPT-nya di Kecamatan Nusa Penida, melakukan perekaman E-KTP bagi pelajar SMA se-Nusa. Perekaman data tersebut dilakukan dengan sistem jemput bola. Petugas Disdukcapil langsung terjun ke sekolah untuk mendata para siswa. “Sekarang kami melakukan rekam data e-KTP untuk anak SMA. Perekaman dilakukan melalui kerjasama dengan UPT Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kecamatan Nusa Penida,” ujar I Ketut Lama (38), salah satu petugas, Senin, 9 September 2013.

Rekam Data E-KTP

Siswa-siswi SMA 1 Nusa Penida melakukan rekam data E-KTP

Lama juga memaparkan bahwa pelajar yang sudah rekam data tetapi belum cukup umur akan diberikan KTP setelah cukup umur. “Kalau pelajar yang masih belum umur 17 tahun, maka KTP akan diserahkan nanti setelah umurnya cukup,” jelasnya

Proses perekaman awal dilakukan di dua kelas mengingat minimnya alat yang tersedia. Hal ini diakui oleh Lama sehingga penyelesaian rekam data e-KTP bagi pelajar berlangsung secara bertahap. “Kita terus melakukan perekaman data tetapi kita targetkan pada akhir September sudah selesai,” tegasnya.

Perekaman untuk kalangan pelajar merupakan bagian dari perekaman data e-KTP reguler warga Nusa Penida. Sementara pelajar dari SMA N 1 Nusa Penida, I Gede Septanaya (16) menilai perekaman E-KTP sangat berguna untuk melengkapi berbagai dokumen administrasi. Beberapa pelajar lain juga terlihat antusias meskipun harus dipandu oleh guru dan petugas. Hasil rekaman elektronik data kependudukan E-KTP meliputi biodata, foto, sidik jari, iris mata dan tanda tangan.

Reporter: Santana Ja Dewa