Tegang dan Dehidrasi, Peserta Gerak Jalan Pingsan

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-70 dilakukan dengan berbagai kegiatan, satu dari agenda utama yang tidak pernah terlewatkan adalah lomba gerak jalan. Berbagai kalangan ikut berpartisipasi dengan mengirimkan kelompok perwakilan. Informasi di lapangan menyebutkan, lomba gerak jalan yang diselenggarakan UPT. Disdikpora Nusa Penida menempuh jarak 10 kilometer dengan melewati ruas jalan utama Sampalan – Toya Pakeh dengan titik start di depan Kantor Disdikpora. Khusus untuk kawasan Pasar Mentigi yang rawan kemacetan, panitia lomba bekerjasam dengan Satuan Lalu Lintas dan Dishubkominfo.

Sejumlah peserta gerak jalan kelompok putri pingsan akibat kelelahan dan dehidrasi

Sejumlah peserta gerak jalan kelompok putri pingsan akibat kelelahan dan dehidrasi

“Rute lomba gerak jalan ruas Sampalan – Toyapakeh, sepanjang Pasar Mentigi kami bekejasama dengan pihak Kasat Lantas dan Dishubminfo untuk mengamankan jalannya lomba sekaligus mengatur lalin. Peserta yang berpartisipasi putra sebanyak 7 regu dan putri 9. Sementara yang tidak hadir yakni SMA Wisata Dhama dan peserta umum Wilis dari Sental Kangin,” terang I Nyoman Tangkil selaku ujar Koordinator Lomba dan Pertandingan.

“Penilain lombanya berdasarkan disiplin waktu, kerapian, keseragaman gerak dari masing-masing kelompok peserta,” imbuh Tangkil

Cuaca yang cukup menyengat ditambah ketegangan peserta lomba untuk menyelesaikan perlombaan membuat sejumlah peserta gerak jalan kelompok putri pingsan. Semangat untuk memenangkan perlombaan tampak di wajah peserta namun kelelahan yang mendera tidak bisa disembunyikan. Jelang garis finish, tubuh para peserta langsung ambruk. Guru pendamping, panitia dan tim medis pun dibuat kewalahan.

“Factor ketegangan selama gerak jalan berlangsung bisa menjadi pemicu. Disamping itu panas dan hidrasi sehingga cairan banyak yang keluar (keringat). Sarapan pagi sangat berpengaruh,” ujar  dr. I Ketut Apriantara di Puskesmas Nusa Penida I, Rabu (12/8).

Kondisi ini juga dibenarkan koordinator lomba, Tangkil memaparkan peserta banyak yang pingsan karena tegang dan cuaca panas.

“Peserta yang pingsan disebakan faktor ketegangan ditambah cuaca panas hingga peserta dehidrasi dan lelah,” ucap Tangkil.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi