Warning: Use of undefined constant ‘DISALLOW_FILE_EDIT’ - assumed '‘DISALLOW_FILE_EDIT’' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Tanggal Cantik 11/12/13, Bali Dihantam Puting Beliung
 

Tanggal Cantik 11/12/13, Bali Dihantam Puting Beliung

DENPASAR, NUSA PENIDA POST,

Angin puting beliung menghantam sejumlah kawasan di Bali, tepatnya  Rabu, 11  Desember 2013, Pukul 13:56 waktu setempat. Pusaran angin dengan kecepatan 30 kilometer per jam menerbangkan atap bangunan dan merobohkan baliho. Besarnya kekuatan angin sangat terasa di daerah Kuta yang kemudian bergerak ke arah Pemogan dan Sesetan. Warga yang daerahnya dilewati pusaran angin terlihat panik dan berlarian menjauhi titik angin.

Keadaan semakin semrawut karena banyak warga yang berdatangan untuk melihat lokasi bencana, sehingga terjadi kemacetan yang cukup panjang. Ada yang berkunjung ke rumah saudara atau kerabat yang menjadi korban termasuk ada juga yang hanya sekedar melihat sisa-sisa kehancuran akibat hempasan puting beliung.

“Kebanyak kerusakannya terjadi pada atap bangunan dan perabotan rumah tangga akibat tertimpa reruntuhan atap rumah. Ini sudah menjadi takdir, kita tidak bisa berbuat apa-apa walupun kemarin sudah ada peringatan dari BMKG di media bahwa akan terjadi hembusan angin kencang di Bali tetapi ndak ada yang bisa dilakukan, ya pasrah saja,” ungkap I Putu Suardana dengan mimik sedih di lokasi kejadian.

Puting beliung menghantam Denpasar dan merusak atap bangunan

Puting beliung dengan kecepatan 30 kilometer per jam mengakibatkan kerusakan parah pada atap bangunan

Berdasarkan keterangan pegawai BMKG Denpasar, Made Kris, puting beliung disebabkan pertemuan dua massa udara yang berbeda. Udara panas yang terjadi di Denpasar mencapai 32,40C dengan pergerakan massa dingin dari barat laut.

“Pertemuan itu memicu puting beliung yang terjadi sekitar pukul 13.59 Wita,” kata Kris sebagaimana dilansir Liputan6.com, Rabu, (11/12).

Saat berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa akbat amukan putting beliung. Informasi yang dihimpun Tim Nusa Penida Post, setidaknya ada beberapa korban luka ringan karena tertimpa reruntuhan atap rumah. Beberapa kaca mobil juga tampak berserakan akibat tertimpa runtuhan bangunan dan baliho. Pihak BMKG menghimbau warga untuk tetap tenang dan waspada meskipun kemungkinan terjadi angin puting beliung susulan sangat kecil.

Sementara warga yang rumahnya rusak akibat puting beliung meminta kepedulian instansi terkait untuk memberikan bantuan guna meringankan beban mereka.

Reporter: I Komang Oka Sanjaya

Editor: I Gede Sumadi