Warning: Use of undefined constant ĎDISALLOW_FILE_EDITí - assumed 'ĎDISALLOW_FILE_EDITí' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | SMAN 1 Nusa Penida Wakili Klungkung Lomba UKS Tingkat Provinsi
 

SMAN 1 Nusa Penida Wakili Klungkung Lomba UKS Tingkat Provinsi

PED, NUSA PENIDA POST

SMA Negeri 1 Nusa Penida mewakili Kabupaten Klungkung dalam Lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Bali. Sekolah yang berlokasi di Banjar Nyuh ini dinilai oleh tim penilai dari Provinsi, Jumat (15/11) lalu dan dihadiri oleh Bupati Klungkung yang diwakili Asisten Sekda dan Muspika Kecamatan Nusa Penida.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA N 1 Nusa Penida, I Nyoman Dunia menyampaikan bahwa SMAN 1 Nusa Penida didirikan tahun 1990. Pada waktu itu masih menumpang di gedung SMPN 2 Nusa Penida. Namun, berkat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Klungkung, akhirnya setahun kemudian SMAN 1 Nusa Penida memiliki gedung sendiri.

‚ÄúDalam kurun waktu sejak berdirinya sampai sekarang, ada tiga generasi kepemimpinan di sekolah ini. Pada awal berdiri dipimpin oleh I Wayan Kasmin dilanjutkan oleh I Nyoman Purna, kemudian estafet ke saya sampai sekarang,” ujar Dunia.

Tim Penilai Provinsi Bali menilai kesiapan SMAN 1 Nusa Penida pada lomba UKS tingkat provinsi

Tim Penilai Provinsi Bali menilai kesiapan SMAN 1 Nusa Penida pada lomba UKS tingkat provinsi

Pria yang berasal dari Dusun Karangsari ini pun menambahkan bahwa persiapan yang dilakukan dua bulan menjelang hari H. Ada 11 indikator yang diperhatikan baik dalam bidang sarana maupun prasana sekolah.

‚ÄúPersiapan untuk Lomba UKS ini mencakup semua areal sekolah termasuk kantin sehat dan masalah sampah. Khusus untuk bak sampah dipilah menjadi dua yaitu, sampah organik dan nonorganik. Sampah organik akan diolah menjadi kompos, sehingga pola prilaku sehat sesuai dengan UKS yang dicanangkan sekolah akan terus terbarukan,‚ÄĚ harap Dunia.

Senada dengan Dunia, Bupati Klungkung yang diwakili Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, I Wayan Sudiarsa, menyampaikan bahwa kesehatan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia.

‚ÄúKesehatan adalah kebutuhan mutlak bagi setiap manusia. Kesehatan tidak bisa dibeli tetapi harus diupayakan terus menerus dan diprogramkan berkesinambungan oleh setiap orang baik sebagai siswa maupun masyarakat pada umumnya. Hidup sehat sangat penting dilaksanakan disetiap jenjang pendidikan,‚ÄĚ ujarnya.

‚ÄúKegiatan ini sangat penting ditumbuhkan sejak dini disamping berdampak langsung dalam proses pembelajaran. Apabila satuan pembelajaran dilaksakanan dengan baik pasti menghasilkan sesuatu yang baik di kalangan siswa serta masyarakat khususnya di Kabupaten Klungkung. Disamping itu kegiatan ini memberikan pengaruh langsung hasil pendidikan itu sendiri. Melalaui trias UKS ini, kita harapkan terwujud masyarakat yang sehat, cerdas dan harmonis,‚ÄĚ tambah Sudiarsa.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Komang Budiarta