Siap-siap, Operasi Zebra Agung akan Jaring Pelanggar Lalu Lintas

SEMARAPURA, NUSA PENIDA POST

Maraknya pelanggaran lalu lintas yang berujung pada jatuhnya korban jiwa membuat kepolisian menggelar Operasi Zebra yang berlangsung selama 14 hari dari 26 Nopember hingga 9 Desember. Institusi Polri sering disalahkan jika terjadi kecelakaan lalu lintas namun hal tersebut tidak sepenuhnya dibenarkan karena kedisiplinan pengguna dalam berlalu lintas menjadi kunci utama keselamatan. Operasi Zebra digelar serentak di seluruh wilayan Indonesia, termasuk di kesatuan Polres Klungkung.

Guna mendukung terlaksananya Operasi Zebra Agung 2014, Polres Klungkung menerjukan ratusan personil yang dibantu sejumlah instansi, baik Kodim 1610 dan Dinas Perhubungan. Pelaksanaan operasi ditandai dengan upacara gelar pasukan di halaman Mapolres Klungkung dan penyematan pita. Arahan diberikan langsung oleh Kapolres Klungkung, AKBP Ni Wayan Sri Yudayatni Wirawati yang juga bertindak sebagai inspektur upacara dengan komandan upacara Ipda Nyoman Sujana dari Kanit Dikmas Satlantas Polres Klungkung, Rabu, 26 Nopember lalu.

Apel kesiagaan Operasi Zebra Agung 2014 di Mapolres Klungkung yang dipimpin langsung AKBP Ni Wayan Sri Yudayatni Wirawati

Apel kesiagaan Operasi Zebra Agung 2014 di Mapolres Klungkung yang dipimpin langsung AKBP Ni Wayan Sri Yudayatni Wirawati

Tidak hanya personil dari Polres, seluruh kesatuan di setiap jajaran Polsek termasuk Dalmas ikut terlibat pada operasi kali ini. Operasi ini menyasar sejumlah pelanggaran yang kerap dilakukan oleh pengguna jalan.

“Dalam operasi ini, sasaran yang diambil masalah penggunaan helm SNI dan kendaraan bus atau truk yang kelebihan muatan baik barang mapun orang,” terangnya.

“Kami juga akan memeriksa kelengkapan kendaraan dan surat-suratnya. Untuk kelengkapan surat-surat kendaraan bukan hanya untuk roda dua tapi untuk mobil maupun kendaraan roda empat,” imbuh Kapolres wanita pertama di Klungkung ini.

Operasi Zebra Agung 2014 dimaksudkan untuk meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan Lalu lintas, selain juga meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat dalam berlalu lintas. Sasaran lain guna mewujudkan situasi yang aman dan kondusif menjelang perayaan natal dan tahun baru mendatang. Sosialisasi tahap awal dilakukan di internal personil Polres Klungkung serta menggelar latihan pra operasi yang dipimpin langsung Kapolres dan Kabag Ops. Polres Klungkung.

Setidaknya, operasi ini mengingatkan seluruh pengguna jalan untuk mematuhi ketentuan berlalu lintas. Kapolres Klungkung menghimbau seluruh masyarakat untuk melengkapi semua surat-surat kendaraan seperti surat ijin mengemudi (SIM), surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan tanda pengenal lainnya termasuk penggunaan atribut kepolisian dan militer pada sejumlah kendaraan.

Reporter : Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi