Warning: Use of undefined constant ‘DISALLOW_FILE_EDIT’ - assumed '‘DISALLOW_FILE_EDIT’' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Semrawut, Bupati Minta Pasar Mentigi Ditata
 

Semrawut, Bupati Minta Pasar Mentigi Ditata

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Berbagai gebrakan tengah gencar dilakukan oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta sejak dilantik Senin, 16 Desember lalu. Sebelumnya, bupati juga melakukan sidak di sejumlah instansi dan meninjau beberapa proyek mangkrak di Klungkung Daratan termasuk Dermaga Gunaksa dan PPI Kusamba. Sabtu, 21/12, bupati dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Nusa Penida dengan menyeberang dari Pelabuhan Padang Bai dan berlabuh di Pelabuhan Buyuk, Desa Kutampi. Pada kunjungan kali ini, bupati didampingi Kadisnakertransos, Wayan Sumerta, Kabag Humas, Wayan Parna, Camat Nusa Penida, I Ketut Sukla dan beberapa SKPD Pemkab Klungkung meninjau beberapa fasilitas umum, salah satunya adalah Pasar Mentigi, Desa Batununggul.

Pasar Mentigi merupakan pasar induk terbesar tetapi kondisi pasar sering dikeluhkan oleh masyarakat. Tidak hanya penataan yang tidak beres, keberadaan pasar yang semrawut diduga menjadi biang kemacetan. Di tengah suasana pasar yang krodit, bupati langsung jalan kaki masuk ke dalam pasar dan melakukan sidak ke sejumlah kios. Kedatangan bupati membuat para pedagang terkejut tetapi momen ini dijadikan kesempatan bagi para pedagang untuk menyampaikan keluhan.

Bupati melakukan sidak ke Pasar Mentigi, Nusa Penida (21/12)

Bupati melakukan sidak ke Pasar Mentigi, Nusa Penida (21/12)

Selama ini, akses masuk Pasar Mentigi sangat terhambat karena perbaikan di sejumlah titik dan lahan parkir dijadikan lokasi berdagang sementara. Lapak pedagang pun sering memakan bahu jalan yang memicu kekroditan parah terutama menjelang hari raya. Ditambah lagi jalan sebelah utara pasar menjadi pasar tumpah. Seusai meninjau kondisi pasar, Suwirta mengisyaratkan untuk segera mengkaji ulang penataan atau relokasi pedagang yang ada di parkiran agar tidak menimbulkan kesemrawutan.

“Saya minta agar secepatnya pedagang direlokasikan setelah perbaikan di bagian dalamnya. Akses jalan menuju pasar perlu dipikirkan agar pengunjung dapat dengan nyaman ke pasar,” tegas Suwirta.

Dalam pantaun Tim Nusa Penida Post, pintu masuk pasar sangat sempit dan dijejali pedagang ikan, demikian juga area parkir dijadikan pasar tumpah, kondisi ini membuat pedagang mengeluh dan merasa tersiksa. Seharusnya, pengelola pasar segera merelokasikan para pedagang ke tempat yang baru agar lalu lintas lancar. Bupati pun menegaskan sudah berkomunikasi dengan Pemprov Bali terkait pembangunan jalan lingkar termasuk pendaaannya sehingga kemungkinan jalan di depan pasar menjadi satu arah.

“Untuk pendanaan, Pemda Klungkung akan berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bali maupun Pemerintah Pusat serta mengkaji pada APBD tahun angaran 2015,” terangnya.

Reporter : Santana ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi