Selamat Datang di Festival Nusa Penida 2015

LEMBONGAN, NUSA PENIDA POST

Semarak Festival Nusa Penida 2015 semakin terasa. Tepat, Jumat besok (2/10) festival akan digelar di kawasan wisata Lembongan yang dihadiri langsung pihak Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jajaran panitia termasuk Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bahkan sempat melakukan audiensi dan pemaparan tentang festival ke pihak kementrian di Jakarta, Selasa, (22/9) lalu.

Gladi untuk penampilan 1000 penari rejang dewa massal pada festival

Gladi untuk penampilan 1000 penari rejang dewa massal pada festival

Ada sejumlah agenda pokok dalam pertemuan di Balairung Soesilo Soedarman, pertama pemaparan potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Klungkung. Berikutnya, dukungan dari kementrian untuk perbaikan infrastruktur yang ada. Selain itu, lewat festival, secara langsung, Pemkab mengadakan promosi wisata baik itu adventerure, culture dan nature hingga menjaring para investor.

Selama gelaran festival berlangsung, pengunjung akan disuguhi berbagai kegiatan mulai dari pameran kerajinan khas, konservasi, touring, wisata air, hingga transplantasi karang. Berbagai lomba juga tidak bisa dilewatkan begitu saja, antara lain surfing, ‘megolok’ (red; mendorong) sampan dan membuka ikatan rumput laut hingga lomba perahu layar.

Berbagai persiapan pun sudah dinilai maksimal. Pantaun hingga sore kemarin (30/9), tampak proses gladi untuk penampilan 1000 penari rejang yang dilakukan dekat kawasan Jembatan Kuning. Sementara area utama di Batu Belek juga sudah siap menyambut para pengujung. Tidak hanya itu, media informasi kegiatan juga tersebar di berbagai kawasan. Ketua 2 Festival Nusa Penida 2015, I Nyoman Widana mengakui penyebaran informasi agar promosi dan segala advertising lebih tertarget.

Khusus bagi pengunjung yang ingin berfoto ria, panitia menyiapkan baliho besar di Batu Belek. Pengunjung bisa membagikannya di media sosial masing-masing. Tentunya ini sebagai ajang promosi yang murah dan efektif.

“Pemasangan saliho, spanduk, televisi dan LED serta perangkat promosi lainnya sengaja pada tempat ramai di mana banyak wisatawan ada di sana. Sehingga promosi pariwisata Nusa Penida khususnya Nusa Penida Festival 2015 hasilnya optimal,” terang Widana.

Kurasi Fotografi, Menampilkan Pesona Bahari

Jauh sebelumhari H, panitia menggelar lomba fotografi dengan tema bahari. Hasil pantuan Nusa Penida Media, page yang dikelola khusus untuk kurasi fotografi dipenuhi kiriman foto menarik. Meski ada beberap fota yang tidak memenuhi kategori namun foto-foto ini mewakili keindahan Nusa Penida.

Ketua Lomba Fotografi, I Komang Diktat yang dikonfirmasi mengakui ada ratusan karya foto yang masuk hingga penutupan akhir (24/9). Seluruh karya yang mendaftar akan dipilih 15 besar dan akan dicetak untuk pameran selama festival berlangsung.

“Jumlah yang masuk sangat banyak, namun jumlah lolos kurasi hanya 15 foto. Dari 15 akan dicari pemenang 1, 2, dan 3.,” ujar Diktat.

Reporter: I Gede Sumadi

Editor: I Komang Budiarta