Selain Festival, Mahasiswa KKN Gelar Pengobatan Mata Gratis

SUANA, NUSA PENIDA POST

Setidaknya ada ratusan warga Desa Suana mendapatkan pengobatan mata gratis yang digelar oleh mahasiswa KKN Undiknas Denpasar dan Yayasan Kemanusiaan Indonesia. Sebelumnya, lewat ajang kreativitas, mahasiswa juga menginisiasi pelaksanaan Suana Festival untuk pertama kalinya. Program pengobatan mata dilaksanak di SD Negeri 4 Suana, Dusun Karangsari.

Mahasiswa KKN bekerja sama dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia menggelar pengobatan mata di Desa Suana

Mahasiswa KKN bekerja sama dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia menggelar pengobatan mata di Desa Suana

Ketua Yayasan Kemanusiaan Indonesia, Widiarta menjelaskan ada berbagai faktor yng menjadi penyebab gangguan pada. Menurutnya penyakit mata bisa terjadi karena faktor makanan, kondisi geografis wilayah, usia hingga pola hidup.

“Indra pengeliatan adalah aset terbesar kita. Kesehatan mata sangat penting dijaga. Berbagai penyakit timbul akibat faktor geografis, usia dan lain-lain,” jelas Widiarta, Selasa kemarin(2/2) disela sela pengobatan.

Widiarta juga menambahkan bahwa yayasan yang dipimpinnya sering melakukan kegiatan bakti sosial, khususnya terkait dengan mata. “Berbagai keluhan penyakit mata kita tangani, membutuhkan kaca mata, operasi katarak kita layani maksimal. Yayasan bergerak dan bekerja sama dengan pemerintah langsung, kita juga jemput bola melayani masyarakat. Sebelumnya, tahun 2012 kita sudah pernah menggelar kegiatan hal sama di Nusa Penida,” tambahnya.

Hasil pantauan di lokasi pengobatan, ratusan warga terlihat antre menunggu giliran untuk diperiksa. Camat Nusa Penida, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya mengakui program KKN mahasiwa benar pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan yang dilakukan mahasiswa sangat kreatif. Ini betul-betul KKN mengabdikan diri pada masyarakat. Sebulan penuh berbagai kegiatan sudah digulirkan pada masyarakat, paling kreatif pie susu rumput laut. Kita segera patenkan pie susu rumput lautnya,” ujar Agung.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi