Sarana Pendidikan di Lembongan Minim Perhatian

LEMBONGAN, NUSA PENIDA POST

Geliat industri pariwisata di Lembongan menjadi salah satu kunci sumber pendapatan daerah Klungkung. Destinasi yang terkenal dengan keindahan baharinya ini justru diperlakukan kurang adil dalam hal pembangunan, salah satunya bidang pendidikan. Kondisi ini bisa terlihat di SMP N 4 Nusa Penida. Satu-satunya sekolah menengah pertama  yang diandalkan warga di dua pulau ini mengalami kerusakan cukup parah. Pihak sekolah pun dianggap lalai untuk menjaga dan merawat fasilitas yang ada.

Suwirta melakukan kunjungan ke SMP N 4 Nusa Penida

Suwirta melakukan kunjungan ke SMP N 4 Nusa Penida

Beberapa bangunan gedung terlihat tidak terawat. Taman sekolah pun ditumbuhi pohon – pohon liar, buruknya manajemen sampah hingga kondisi tiap sudut bangunan sekolah yang rusak. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang melakukan kunjungan, Rabu (6/5) mengaku prihatin dengan kondisi sekolah. Hasil analisa menunjukkan kerusakan tidak hanya terjadi karena usia bangunan dan cuac, namun juga ditengarai akibat kurangnya perawatan dan perhatian dari pihak sekolah.

Kepada Kepsek dan guru yangmendampingi, Suwirta mengungkapkan bahwa dari seluruh sekolah yang pernah dikunjungi di Kecamatan Nusa Penida, SMPN 4 masuk kategori terparah. Hampir setiap gedung termasuk yang masih tergolong bangunan baru ditemukan kerusakan. Suwirta kembali mewanti-wanti dan mendorong supaya pihak sekolah peduli dengan lingkungan dan menganggap sebagai rumah kedua. Kepsek selaku pengelola sekolah diharapkan mampu menggerakkan dan memberdayakan komponen sekolah untuk ikut berpartisipasi merawat sekolah.

“Saya titip sekolah ini, rawat dan tatalah seperti rumah sendiri, anggaplah sekolah sebagai rumah kedua yang senantiasa dijaga dan dirawat sehingga tercipta suasana sejuk dan nyaman bagi proses belajar mengajar,”Suwirta.

Kepsek I Made Komoja yang turut mendampingi hanya bisa tertunduk malu dengan kondisi sekolah yang dipimpinnya.  Usai diceramahi, Komoja pun  mengaku akan berupaya melakukan perbaikan. Sementara itu pelaksanaan UN tingkat SMP di Kecamatan Nusa Penida,khususnya di Lembongan telah berjalan lancar yang diikuti118 siswa. Namun salah seorang siswa bernama Sulaksana mesti mengikuti UN di rumahnya karena kondisinyayang tidak memungkinkan setelah mengalami kecelakaan.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi