Ruspata Bhyantari, Dokter Muda Nyanyikan Soundtrack Nusa Penida Festival

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Perhelatan Nusa Penida Festival kembali digelar sebagai ajang promosi potensi pariwisata. Panitia penyelenggara pun sudah menyiapkan berbagai agenda kegiatan yang dipusatkan di kawasan Banjar Nyuh, Desa Ped. Venue sengaja dibangun dengan latar istimewa dengan gugusan pulau sebagai backdrop. Sesuai rilis jadwal panitia dipastikan 1.000 penari tradisional Baris Jangkang akan tampil menjadi rekor baru dan dihadiri langsung Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya. Pelaksanaan festival sejak 2014 lalu memberi tren positif terhadap perkembangan pariwisata.

Dokter muda, Ruspata Bhyantari didaulat menyanyikan lagu soundtrack Nusa Penida Festival

Dokter muda, Ruspata Bhyantari didaulat menyanyikan lagu soundtrack Nusa Penida Festival

Sudah menjadi tradisi, setiap kali festival dilengkapi lagu soundtrack. Lagu Nusa Penida Damai yang dijadikan soundtrack pada festival sebelumnya dinyanyikan duo bersaudara Laras J. Suarma dan Aya J. Suarma. Pada festival kali ini, seorang dokter muda lulusan 2016 Ruspata Bhyantari tampil memukau dengan suara emasnya. Talenta muda yang merupakan putri dari I Ketut Muditha dan Ni Made Asmiriwati mengaku bakat menyanyi terbentuk ketika masa kuliah dengan band kampusnya.

Pemilik nama lengkap Ni Putu Ruspata Bhyantari yang lahir pada 6 April 1992 adalah jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Bhyantari mengaku dihubungi panitia untuk menyanyikan lagu Nusa Penida Damai menjelang perhelatan festival. Sebagai putri daerah, Ia mengaku senang dan bangga bisa turut andil menjadi bagian kegiatan dengan menyanyikan lagu Nusa Penida Damai ini.

“Saya senang dan bangga bisa dipercaya menyanyikan lagu Nusa Penida Damai, soundtrack Nusa Penida Festival 2016. Mudah-mudahan Nusa Penida melalui kegiatan festival ini semakin dikenal luas sebagai tujuan pariwisata. Saya berharap seperti lirik lagu Nusa Penida Damai, pulau tetap damai, lestari. Semoga sikap gotong royong dan bahu membahu masyarakatnya tetap terjaga,” harap Ruspata Bhyantari yang dikonfirmasi Rabu kemarin (28/9).

Dihubungi terpisah, pencipta lagu I Wayan Sukadana Nusa Penida Damai yang juga berasal dari Nusa Penida mengatakan bahwa pulau ini tidak hanya indah alamnya, tetapi memiliki anak-anak bertalenta yang berbakat diberbagai bidang. Bibit-bibit ini harus

“Laras J. Suarma, Aya J. Suarma dan Ruspata Bhyantari adalah putri-putri Nusa Penida yang memiliki bakat seni musik yang luar biasa. Ini membuktikan Nusa Penida tidak hanya indah tetapi juga memiliki talenta-talenta yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Saya turut bangga, kita semua bangga karenanya,” ujar Sukadana.

Reporter: I Gede Sumadi

Editor: I Gede Sumadi & I Komang Budiarta