Ro-ro Mengapung 8 Jam Akibat Dermaga Rusak

PADANG BAI, NUSA PENIDA POST

Kapal Ro-ro Nusa Jaya Abadi yang sedianya melayani penyeberangan tambahan pada Sabtu, 19 Juli 201 ternyata tidak sesuai jadwal. Gagalnya ekstra trip akibat rusaknya dermaga II yang ada di Pelabuhan Padang Bai, Karangasem. Rusaknya dermaga II tidak hanya membatalkan trip tambahan KMP Nusa Jaya Abadi tetapi menimbulkan antrean panjang bagi kapal dari dan tujuan Pelabuhan Lembar, Lombok yang hendak lego jangkar. Tak tanggung-tanggung, perlu waktu setidaknya 8 jam agar bisa bersandar.

(Ilustrasi) KMP Nusa Jaya Abadi

(Ilustrasi) KMP Nusa Jaya Abadi

Konfirmasi batalnya trip tambahan disampaikan oleh Kabid Penyeberangan Dishubminfo Kabupaten Klungkung I Dewa Gede Sutarta, Sabtu (19/7).

“Kapal Roro Nusa Jaya Abadi melaksaksanakan ektra trip hari ini. Namun tidak sesuai dengan rancana. Dermaga II Pelabuhan Padang Bai mengalami kerusakan. Hanya ada dua dermaga di Pelabuhan Padang Bai. Parahnya lagi, antrean kapal dari Lombok sangat berjubel.  Kapal terpaksa mengapung berjam-jam,” jelas Sutarta

Sesuai dengan jadwal penyeberangan tambahan, Kapal Ro-ro Nusa Jaya Abadi berangkat dari Nusa Penida sekitar pukul 06.00 wita. Berjubelnya antrean kapal dari Lombok membuatnya namun tidak bisa nyandar begitu saja. Baru sekitar pukul 15.00, kapal bisa masuk ke area dermaga.

“Berjam-jam ngapung, menunggu giliran. Dermaga II masih pada tahap perbaikan. Menggunakan satu dermaga pasti ada antrean, karena tidak seimbang dengan jumlah kapal bongkar muat. Apalagi jelang hari Raya Idul Fitri, volume penyeberangan tinggi. Kapal Ro-ro Nusa Jaya Abadi mendapat antrean nomer delapan,” tambahnya.

Sunarta juga mengungkapkan bahwa trip pengangkutan BBM ditunda dulu. Pihaknya mengaku akan lebih mementingkan pelayanan publik. Ia pun memastikan jadwal penyeberangan besok (20/7) akan normal kembali dengan satu kali trip.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi