Reuni Agung, Merajut Kebersamaan untuk Hidup yang Lebih Baik

PED, NUSA PENIDA POST

Untuk pertama kali sejak berdiri 1990 lalu, SMA Negeri 1 Nusa Penida menggelar reuni agung dengan melibatkan angkatan 1993 hingga 2014. Bukan perkara mudah untuk mengumpulkan para alumni yang terpisah hampir 22 tahun, sebagian sudah lost contact. Beruntung keberadaan media sosial cukup membantu untuk melacak dan berkomunikasi dengan sesama alumni. Ide untuk reuni mulai digagas sejak Juni lalu hingga terbentuk kepanitian kecil, hanya dengan berbekal semangat untuk merajut kembali kebersamaan yang hilang sejak puluhan tahun.

“Harus diakui masih agak sulit untuk mengumpulkan semua, gap-nya cukup jauh dalam rentang waktu hampir 22 tahun nyaris minim komunikasi dan ini permulaan. Untuk reuni berikutnya, saya yakin akan lebih banyak rekan-rekan alumni yang berpartisipasi,” ujar I Wayan Oka Sudiana pada rapat pembentukan pengurus forum alumni, Minggu pagi, (30/8).

Untuk pertama kali keluarga besar SMA N 1 Nusa Penida menggerlar Reuni Agung. Tampak Bupati Suwirta meresmikan kepengurusan Forum Alumni

Untuk pertama kali keluarga besar SMA N 1 Nusa Penida menggelar Reuni Agung. Tampak Bupati Suwirta meresmikan kepengurusan Forum Alumni

Sumber Panitia Reuni menyebutkan setidaknya ada 320 alumni yang mendaftar untuk ikut serta pada reuni agung perdana ini. Rangkaian kegiatan reuni sudah berlangsung sejak 23 Agustus lalu yang diawali dengan aksi bersih pantai dari wilayah Batununggul hingga Toya Pakeh. Berikutnya, panitia juga mendonasikan sejumlah tong sampah di pelabuhan tradisional. Tidak hanya itu, acara sharing antara alumni dan siswa/siswi, baik berbagi pengalaman, akses beasiswa hingga informasi kesempatan kerja.

Minggu pagi, (30/8) para alumni mengikuti jalan santai dengan rute, SMA N 1 – Toya Pakeh, dilanjutkan pertandingan basket dan voli antara alumni dan anggota OSIS dan SISPALA. Panitia juga menggelar rapat untuk menentukan dan memilih kepengurusan Forum Alumni dengan masa bakti 2015 hingga 2018. Berikut adalah susunan kepengurusan Forum Alumni 2015- 2018.

  • Ketua : I Wayan Oka Sudiana
  • Wakil Ketua 1 : Sinta Asih
  • Wakil Ketua 2 : Pedoman
  • Bendahara 1 : I Gede Suladra
  • Bendahara 2 : Hasani
  • Sekretaris 1 : Aprionita F
  • Sekretaris 2 : Sri Mastini
  • Bidang Penguatan Organisasi : Ahmad Novian, Tenang
  • Bidang Pengabdian Masyarakat : Widada Asmara, Widiastra
  • Bidang Media & Informasi : I Gede Sumadi, Wayan Tawan Wibawa
  • Bidang Kesejahteraan Anggota : Nurhidayat, Setia Ningsih

Suasana keakraban dan kebersamaan begitu terasa, tidak ada jarak meski terpisah dan tidak bertatap muka selama lebih dari 20 tahun. Tegur sapa dan canda tawa terdengar dari para alumni, bahkan ada terlihat saling rangkul dengan teman sebangku hingga ber-selfi ria.

Malam puncak Reuni Agung berlangsung di aula sekolah setempat, tampak beberapa undangan baik Forum Komunikasi Pemerintah Kecamatan Nusa Penida, Bendesa Nyuh Kukuh termasuk perwakilan Koramil. Acara dihadiri langsung oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang juga diminta untuk meresmikan pengurus Forum Alumni SMA Negeri 1 Nusa Penida. Dalam sambutannya, Suwirta meminta dukungan dari para alumni pemikiran, tenaga maupun ide-ide untuk membangun Klungkung pada umumnya dan Nusa Penida khususnya. Acara juga dimeriahkan dengan hiburan dan penampilan sejumlah band dari para alumni, satu diantarany adalalah Mudiana Midun tampil akunstik dengan lagu ‘Nusa Penida’.

“Saya berharap kepada para alumni untuk mendukungan pembangunan dengan berbagai ide dan gagasan. Sangat mustahil untuk membangun Klungkung tanpa dukungan masyarakat. Untuk para alumni, sisihkan keuntungan untuk membantu warga Nusa Penida yang tidak mampu. Sementara suadara alumni yang belum berhasil dirangkul diberikan spirit dan motivasi agar tidak terpuruk,” terang Suwirta.

Ketua Panitia, dr. Gede Suma Jaya dalam laporannya mengaku sangat bahagia bisa bertemu setelah 20 tahun terpisah. Ia pun mengakui ada perubahan cukup signifikan dibanding ketika masa sekolahnya dulu. Dulu kawasan sekolah masih dipenuhi semak belukar, jumlah fasilitas dan guru yang sangat minim.

“Kami merasa sangat bahagia setelah 20 tahun berpisah dan sekarang bisa berkumpul. Masa SMA adalah masa yang paling menyenangkan dan kami merasa baru kemarin meninggalkan bangku sekolah, banyak perubahan yang kami lihat pada sekolah dan guru kami. Dulu saat pertama kali sekolah di sini, sekolah masih penuh dengan semak belukar, kami masih akrab dengan para petani dan pengembala sapi tetapi sekarang sudah beda jauh,” tutur Suma Jaya yang disambut tawa dari hadirin.

Suma Jaya juga memaparkan reuni kali ini masih sedikit kegiatan yang kami bisa dilakukan, mengingat sulitnya berkomunikasi dengan para alumni. Ia berharap tiga atau lima mendatang, alumni lebih memberi peran dalam pembangunan dan perkembangan Nusa Penida.

Sementara Kepala Sekolah SMA Negeri I Nusa Penida, I Nyoman Dunia menyambut baik Reuni Agung yang diselenggarakan. “Bisa ketemu dengan teman yang sudah lama tidak ketemu. Dari semua alumni yang ada di sini pasti pernah saya ajar karena saya sudah mengajar di sini sejak 1992. Terima kasih kepada inisiator reuni agung telah menyelenggarakan acara ini. Kebersamaan ini menumbahkan hidup yang lebih baik dari sebelumnya,” ucapnya.

Reporter: I Gede Sumadi & Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi