Ratusan Relawan Lintas Profesi Berbagi Inspirasi

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Ratusan relawan yang tergabung dalam Kelas Inspirasi Bali menggelar kegiatan mengajar dan berbagi inspirasi ke sejumlah sekolah dasar di Kepulauan Nusa Penida. Tak kurang dari 340 relawan dari berbagai profesi yang berasal dari berbagai kota di Indonesia terjun langsung yang terbagi dalam 17 posko. Seluruh biaya dan akomodasi selama proses kelas berasal dari iuran pribadi para relawan. Jauh sebelum diterjunkan tim relawan juga melakukan survei terlebih dahulu hingga terbentuk pos-pos kecil yang langsung berada di lokasi target kelas termasuk Pos 10 yang berada di SDN 2 Suana di Desa Pejukutan.

Salah satu kegiatan Kelas Inspirasi di Kepulauan Nusa Penida

Salah satu kegiatan Kelas Inspirasi di Kepulauan Nusa Penida

“Kelas Inspirasi adalah program dengan mengajak relawan yang ikut meluangkan waktu dan dananya dengan berbagi inspirasi selama sehari. Harapannya Inspirasi akan diingat anak-anak seumur hidupnya. Kelas Inspirasi ini diikuti berbagai profesi sebanyak 340 orang dari 32 kota seluruh Indonesia, ” terang Ketua Panitia Gogon yang ditemui di SDN 3 Batununggul yang juga dihadiri Bupati Klungkung, Senin (8/8).

Dunia pendidikan di tanah air memang mengalami berbagai persoalan klasik terutama di daerah terpencil. Faktor ekonomi, ketidaktersediaan fasilitas atau sarana pendidikan, serta jarak yang cukup jauh dengan pusat pendidikan kerap kali menjadi batu sandungan yang menghambat langkah para generasi untuk meraih mimpi. Kelas Inspirasi dengan berbagai jaringan yang sudah ada hadir memberi motivasi agar anak-anak sekolah berani bermimpi dan menatap dunia luar. Para relawan menjadi contoh nyata ada ribuan profesi yang bisa dijadikan sumber kehidupan.

Tidak hanya sebatas membentuk kelas mengajar di sekolah, tim relawan juga mengadakan program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhsan kesehatan di Desa Sekartaji. Guru Besar Universitas Udayana, Prof. Anak Agung Gde Muninjaya yang juga inisiator Kelas Inspirasi Bali mengatakan kegiatan para relawan bertujuan memberi motivasi dan membuka wawasan peserta didik.

“Kelas Inspirasi bertujuan memberikan inspirasi kepada anak-anak Sekolah Dasar. Biasanya anak-anak SD cita-citanya guru, pilot dan dokter. Dengan diadakan kelas inspirasi yang mana peserta adalah dari berbagai profesi bisa membuka wawasan anak-anak SD,” papar Muninjaya.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang juga hadir di Kelas Inspirasi menyempatkan mengajar dan berbagi di SDN 3 Batununggul yang didampingi Camat I Gusti Agung Gede Mahajaya dan Kepala UPT. Disdikpora Nusa Penida Nyoman Sumendra. Suwirta juga sempat bercerita ketika sekolah mesti menumpang di rumah orang namun berkat kerja keras dan doa, semuanya bisa diubah menjadi lebih baik. Menurutnya,Kelas Inspirasi memberikan inspirasi kepada anak sekolah menuju cita-cita yang mereka harapkan. Cita-cita tentunya diimbangi dengan kerja keras dan jangan lupa berdoa.

“Kakak sejak kecil hidupnya miskin, tidak punya apa-apa. Karenanya saat sekolah numpang di rumah-rumah orang. Namun karena kerja keras dan berdoa bisa seperti sekarang,” cerita Suwirta yang diiringi tepuk tangan para siswa.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi