Ratusan Liter Tuak dan Arak Diamankan Sat Narkoba

SEMARAPURA, NUSA PENIDA POST

Penangkapan demi penangkapan yang dilakukan jajaran kepolisian ternyata belum membuat jera para distributor miras, terutama jenis arak dan tuak. Pasal berlapis yang menanti para pelaku tak lebih hanya macan kertas. Berbagai modus dan aksi kucing-kucingan dengan aparat pun kerap kali terjadi untuk mengelabui petugas. Maraknya peredaran miras diduga menjadi biang kerok berbagai kasus kriminal, baik kekerasan maupun perkelahian. Razai yang digelar rutin ternyata belum mampu meredam peredaran miras.

Selasa kemarin, (24/3) Sat Narkoba Polres Klungkung kembali mengamankan distributor miras jenis arak, tepatnya di Jalan Raya Paksebali, Dawan. Pelaku, I Wayan Yasa (47) kedapatan mengangkut 280 liter arak yang terbagi dalam 14 jirigen. Yasa yang beralamat di Jalan Siulan, Gang Lotus, Kelurahan Penatih, Dangin Puri, Denpasar Timur dihentikan saat melintas sekitar pukul 17.30 wita dengan muatan arak di atas kendaraan bermotor jenis pick up warna hitam dengan nopol DK 9611 BK.

Sat Narkoba Polres Klungkung mengamankan ratusan liter miras jenis arak dan tuak

Sat Narkoba Polres Klungkung mengamankan ratusan liter miras jenis arak dan tuak

Kasat Narkoba Polres Klungkung, AKP I Dewa Gede Artana di Mapolres Klungkung, Rabu, 25/3, mengatakan penangkapan tersangka I Wayan Yasa bersama 280 liter miras jenis arak tersebut berkat keuletan anggotanya dalam mengungkap peredaran miras.

“Pada saat Anggota Sat Narkoba Polres Klungkung melakukan penyelidikan di wilayah Paksebali, anggota melihat tersangka I Wayan Yasa mengendarai kendaraan bermotor jenis pick up suzuki st 100 warna hitam, DK 9611 BK. Di atas mobil ad amuatan 14 jirigen warna putih, dengan isi masing-masing jirigen 20 liter, jadi keseluruhannya membawa 280 liter miras jenis arak,” terang Artana.

Selain menyita ratusan liter arak, saat bersamaan, Satuan Narkoba juga mengamankan pelaku lain dengan muatan miras jenis tuak sebanyak 570 liter. Semua muatan ditampung dalam 19 jirigen dan diangkut dengan mobil pick up DK 9673 SZ. Pelaku I Ketut Catur Adi Gunawan (29) dan barang bukti ratusan liter tuak pun digelandang ke Polres Klungkung. Kedua pelaku yang ditangkap tidak satupun yang bisa menunjukkan surat ijin edar miras sehingga pihak Polres melakukan penyelidikan lebih lebih lanjut.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi