Puncak Social Gathering ‘Great English Education Kingdom’ Dimeriahkan SID

SINGARAJA, NUSA PENIDA POST

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha Singaraja yang lebih dikenal dengan branding EED (English Education Department) kembali menggelar Social Gathering untuk memperingati ulang tahun jurusan dengan tem ‘GREEK’ Great  English Education Kingdom. Berbagai kegiatan pun digelar terhitung sejak Kamis, (16/4) lalu dan puncaknya Minggu, (26/4) dengan menghadirkan band elit Superman Is Dead (SID) sebagai bintang tamu. Salah satu pentolan SID dalam akun media social juga sempat mem-posting rencana konser untuk memeriahkan ultah EED bahkan menyebut konser diliput langsung MTV IGGY Internasional.

“Setelah meratakan Lampung pada 25 April, besoknya 26 April SID akan membakar Singaraja!,” tulis Jrx dalam akun facebook-nya.

Social Gathering Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Undiksha dimeriahkan oleh Band SID, Minggu (26/4)

Social Gathering Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Undiksha dimeriahkan oleh Band SID, Minggu (26/4)

Ketua Panitia,  Agung Ngurah Risky Restu Aji menyebutkan ada sejumlah rangkaian kegiatan yang sudah digelar terkait agenda utama social gathering. Kegiatan pertama diawali dengan educational workshop, Kamis dan Jumat lalu (16 – 17/4) dengan mengundang pembicara Handoyo Puji Widodo, Dip.Appl Ling.,M.A, yang merupakan kandidat Ph.D dari Adelaide University. Workshop sendiri mengangkat tema Action Research ( A New Paradigma) across Disciplines and Its Dissemination in  International Journals.

“Kegiatannya cukup padat namun berkat dukungan dan kerjasama semua pihak, sejauh ini berjalan lancar,” ujar ketua panitia yang biasa dipanggil Gung Risky yang dikonfirmasi Sabtu sore (25/4).

Pada sesi kegiatan selanjutnya, ratusan mahasiswa EED dikerahkan menyerbu eks Pelabuhan Buleleng untuk melakukan aksi pungut sampah yang bekerjasama dengan Komunitas Manik Bumi dan Bondres Rare Kual, Minggu, (19/4). Selain seminar akademik dan aksi peduli lingkungan, kreativitas dan jiwa kewirausahaan mahasiswa juga diasah melalui event bake sal.

Untuk Bake Sale-nya kita selenggarakan selama tiga hari dari tangal 20 hingga 22 April, tujuannya untuk mengembangkan jiwa wirausaha,” imbuhnya.

Ditambahkannya, rangkaian anniversary EED juga diadakan berbagai kontes dan perlombaan yang diikuti peserta dari berbagai level. Untuk tingkat SD, panitia menggelar lomba kreativitas berpuisi dalam Bahasa Inggris dalam ajang poetry reading contest sementara di tingkat SMP panitia menggelar lomba story telling, games dan cerdas cermat yang diformat Ganesha English competition (GECo). Berikutnya sasaran mengarah ke siswa SMA se-Bali dalam ajang English Debating Competition (24-25/4) dengan skema Asian Parliamentary System untuk mengasah critical thinking para siswa.

Secara khusus, panitia mendesain sebuah program Potluck dengan konsep Olympians yang diisi pemberian award kepada dosen dan mahasiswa dari berbagai kategori. Pada ajang ini, tidak hanya penampilan dari mahasiswa, semua dosen juga tampil meriah menghibur dengan berbagai kreativitas, Kamis, (23/4). Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, panitia pun berbagi dengan mengunjungi Panti Asuhan Destawan, Desa Sawan. Dalam kunjungan selama selama dua hari, terhitung dari kemarin hingga hari ini, (25/4), panitia memberi bimbingan belajar, kesenian dan bantuan sosial.

Ketika ditanya mengenai dukungan dari pihak jurusan, Gung Risky mengakui ada suntikan full 100 persen. Ia bahkan menyebut dukungan tidak hanya moral tetapi juga material dan pendampingan. Diakuinya dari pihak fakultas sendiri dukungan juga mengalir dengan pemberian ijin menggunakan berbagai fasilitas yang ada.

“Dukungan full 100 persen dari awal baik ide, gagasan dan material, luar biasa,” ujar Gung Risky dengan nada optimis.

“Jujur, karena dukungan mereka dan rekan-rekan mahasiswa secara total, tenaga, ide bahkan rela lembur, luar biasa,” imbuhnya lagi.

Sementara Ketua Jurusan yang sempat dikonfirmasi (25/4), Made Hery Santosa, Ph.D memuji inovasi dan kreativitas anak didiknya yang bekerja all out. Hery juga memberi jempol tehadap komitmen SID yang bersedia tampil di puncak acara Social Evening.

“Kreativitas, semangat kerja, kemampuan me-manage dan atasi masalah sangat luar biasa. Saya berharap mereka keep to be innovative dan unique,” papar alumni La Trobe University ini.

“Komitmen SID membantu mahaiswa patut diacungi jempol karena SID bersedia tampil di acara kampus dan jurusan, seperti EED,” ungkap Hery.

Sesuai dengan rilis kegiatan dari panitia, SID yang dikenal group band papan atas dipastikan tampil mengisi acara dengan tampilan lagu-lagu hit-nya. Konser sendiri akan berlangsung di Lapangan Kampus Tengah, Jalan Udayana Singaraja, Minggu (26/4).

Reporter: I Gede Sumadi & I Wayan Sumerta Winaya A

Editor : I Gede Sumadi