Puncak Arus Balik, Cuaca Membaik dan Trip Ditambah

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Pasca perayaan Galungan, (15/7), warga yang mudik merayakan hari raya di kampung halaman sudah memilih balik ke tempat kerja. Puncak arus balik diprediksi terjadi, Jumat pagi, (17/7). Kondisi cuaca yang bersahabat membuat otoritas penyeberangan menambah jumlah layanan trip baik via Kapal Roro Nusa Jaya Abadi maupun speed boat untuk melayani masyarakat.

Masyarakat memanfaatkan jasa penyeberangan Kapal Roro Nusa Jaya Abadi

Masyarakat memanfaatkan jasa penyeberangan Kapal Roro Nusa Jaya Abadi

Pantuan di lokasi penyeberangan Pelabuhan Sampalan terlihat jumlah penumpang membludak. Syahbandar Pelabuhan Sampalan, I Nyoman Murka Wicaksana menyebutkan cuaca kondusif sehingga trip penyeberangan via speed boat ditambah sebanyak 7 trip sementara untuk sampan cepat 2 kali layanan.

“Cuacanya lebih bagus dari tiga hari sebelumnya pas arus mudik sehingga untuk melayani arus balik kita tambah trip namun kami tetap mempertimbangkan kondisi cuaca. Untuk boat hingga 7 kali trip dan sampan cepat 2 kali,” terang Murka.

Kepala UPT. Pelabuhan Nusa Penida, I Dewa Gede Agus Swarma Hendra yang ditemui di pelabuhan juga mengamini bahwa pihaknya membuka 2 kali trip penyeberangan untuk Kapal Roro. Trip pertama berangkat pukul 06.30 dan selanjutnya pukul 11.00 Wita.

“Dari pantauan kami, cuaca berangsur normal jadi kami membuka dua kali layanan penyebarangan. Hari ini juga diperkirakan puncak arus balik bagi saudara-saudara yang bekerja di luar pulau. Khusus angkutan BBM juga dialihkan dengan Kapal Roro,” papar Agus.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi