Puja Wali Pura Batu Medahu Dirangkai Ngusaba Nusa Penida

SUANA, NUSA PENIDA POST

Pura Sad Kahyangan Batu Medahu yang berada di Desa Suana pada Rabu, (12/10) akan dilangsungkan pujawali yang dirangkai dengan Ngusaba Nusa Penida. Pujawali dilaksanakan setiap 6 bulan sekali tepatnya pada Buda Kliwon Pahang berdasarkan sistem kalender Bali. Ketua Umum Pura Batu Medahu I Made Wijaya yang dikonfirmasi Rabu pagi (12/10) menjelaskan sejumlah rangkaian piodalan dan ngusaba yang digelar termasuk nyepi segara. Berbagai persiapan sudah dilakukan satu bulan sebelumnya dengan melibatkan seluruh pengempon tak kurang dari 20 desa adat dari Desa Batununggul, Suana, Pejukutan, Tanglad hingga Sekartaji.

Pujawali Pura Batu Medahu akan dirangkai dengan upacara Ngusaba Nusa Penida

Pujawali Pura Batu Medahu akan dirangkai dengan upacara Ngusaba Nusa Penida

“Kita sudah persiapan satu bulan sebelumnya, semua banten dibuat secara bergotong royong seluruh pengempon. Khusus untuk tahun ini pujawali dirangkai dengan upacara ngusaba Nusa Penida yang dipusatkan di Pura Batu Medahu termasuk juga mulang pakelem. Upacara ngusaba biasanya dilakukan secara bergantian dengan pelaksanaan di Pura Ped,” jelas Wijaya.

Wijaya juga menambahkan pada Selasa kemarin (11/10) sudah digelar mekiis sementara hari ini Ida Bethara katurin (red; dipersembahkan) pujawali. Selanjutnya, Kamis besok Ida Bethara turun kabeh, seluruh tapakan Ida Bethara dari pura sad kahyangan akan datang ke Pura Batu Medahu dan diadakan upacara melasti bersama dilanjukan keesokan harinya mapedade. Sementara puncak ngusaba akan berlangsung pada Sabtu mendatang (15/10) dalam bentuk tawur pangusaban mepekelem dengan sarana sejumlah hewan korban.

“Besok Ida Bethara turun kabeh. Semua Ida Bethara sad kahyangan jagi tedun (red: datang) ke Pura Batu Medahu. Puncak ngusaba mulang pekelem itu pada hari Sabtu. Seluruh rangkaian upacara dipuput oleh Ida Rsi Beghawan Dharma Sadu Sidhi, Ida Sri Mpu Baledan, Ida Pedande Buda Sidemen, Ida Dukuh Saka Sentanu dan mangku ajeg Pura Batu Medahu,” imbuhnya.

Ditambahkan juga sehari setelah ngusaba akan berlangsung nyepi segara pada Minggu (16/10). Seluruh kegiatan di kawasan perairan akan berhenti total selama satu hari terhitung mulai pukul 06.00 hingga keesokan harinya. Aktivitas laut baik transportasi laut, nelayan, petani rumput, akan berhenti sementara sebagai bentuk penghormatan kepada alam semesta.

Berdasarkan keterangan panitia, sumber pendanaan pujawali berasal dari sumbangan para pengempon sementara dana ngusaba dari seluruh masyarakat Nusa Penida. Wijaya juga menambahkan seluruh umat yang berkeinginan mepunia bisa langsung mengirim ke rekening Bank BPD Bali nomor 023 – 0205 – 00863 – 4 atas nama Pura Batu Medau.

Reporter: I Gede Sumadi

Editor: I Gede Sumadi & I Komang Budiarta