Promosi Destinasi Wisata Lewat Nusa Penida Travel Mart

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Pemkab Klungkung memberi dukungan penuh penyelenggaran Nusa Penida Travel Mart 2017 yang digagas Bali Raja Holiday bersama Cempaka Tour and Travel. Kegiatan yang berlangsung sejak Kamis, (9/3) hingga Minggu, (12/3) dibuka langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama pihak Asita dan PHRI di kawasan Kerta Gosa, Klungkung. Sebelumnya peserta juga diajak berkeliling menikmati keindahan Kota Semarapura serangkaian city tour.

Pesertta Nusa Penida Travel Mart berpose di kawasan Bukit Molenteng dengan pemandangan ‘Raja Lima’

Jumat sore, (10/3) seluruh peserta bertolak ke pulau dengan sejumlah agenda kunjungan selama  dua hari. Berbagai destinasi menarik menjadi target yang wajib singgahi selama kunjungan diantaranya Bukit Molenteng dang pemandangan kawasan ‘Raja Lima’, Goa Giri Putri, Pasih Huug, Kolam Angle’s Billabong termasuk snorkeling menikmati pesona bawah air di Banjar Nyuh. Di hari terakhir acara, peserta diajak berkeliling Pulau Lembongan dengan mengunjungi Jembatan Kuning, Devil Tears Point dan Panorama Point. Pesona dan keindahan alamnya ternyata mampu membuat pengunjung betah berlama-lama.

“Nusa Penida itu wow dan wajib kita promosikan kepada seluruh dunia karena terdapat wisata alamnya yang terlalu bagus. Tadi pas kita ke Raja Lima itu pemandangannya sangat bagus dan cantik membuat hati kita senang dan terpesona. Sejujurnya kami akan mempromisi sehabat-hebatnya Nusa Penida ini di Malaysia nanti,” tutur Isma dari perwakilan Malaysia.

Hal senada juga disampaikan Nining Wiati dari DPP Asita DKI Jakarta yang menjabat Ketua Bidang Domestik dan Minat Khusus. Menurutnya destinasi ini sangat luar biasa dengan berbagai potensi yang bisa dikembangkan.

“Ini keren, tidak hanya destinasi yang bagus, masyarakatnya dan pemerintah setempatnya juga sangat mendukung ,” paparnya.

Owner Bali Raja Holiday, Thomas Kristiadi Santosa yang dikonfirmasi Sabtu malam (11/3) disela-sela acara gala dinner mengaku pihaknya tertarik memilih destinasi ini jadi sasaran travel mart dengan sejumlah alasan. Selain alamnya yang masih alami, unsur budaya dan ritual keagamaanya menjadi daya tarik tersendiri.

“Ide ini berawal dari Ibu Dayu karena ibunya dari Klungkung  dan kita ingin Klungkung lebih dikenal. Saya yakin dengan berbagai usaha yang dilakukan, Nusa Penida bisa menjadi alternatif wisata selanjutnya selain di Bali daratan. Kita mulai mempopulerkan branded Raja Lima dan kita kembangan serta promosikan wisata alamnya,” ujarnya.

“Budaya tetap nomor satu, kesenian yang ada dan ritual keagamaan itu sangat penting dan bisa berpadu dengn keindahan alam yang ada,” tambah Thomas.

Direktur Cempaka Tour and Travel, Ida Ayu Diah Pradnyandari menjelaskan pihaknya sudah menyelenggarakan travel mart untuk kesekian kalinya. Tak tanggung-tanggung sebanyak 80 peserta dari seluruh jaringan travel agen dan perusahaan besar di tanah air ikut serta termasuk 2 peserta dari Malaysia.

“Kita sudah pernah mengadakan di 4 kabupaten berbeda di Bali. Ini teman-teman dari seluruh Indonesia. Sebanyak  48 dari perwakilan agen nusantara. Semua pulau ada di sini, 2 kehormatan dari Malaysia. Sisanya, 30 orang itu dari perusahaan besar yang ada di Indonesia yang sering membawa grup perusahaan untuk outing,” jelasnya.

Sementara Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya yang hadir memberi apresiasi pihak penyelenggara yang memilih kawasan ini sebagai tujuan travel mart. Agung juga meminta peran aktif masyarakat untuk menyongsong perkembangan pariwisata.

“Kami sangat apresiasi pihak penyelenggara karena sudah menunjuk Nusa Penida sebagai sasaran untuk dipromosikan. Mayarakat juga harus menjaga kondisifitas agar tamu merasa nyaman. Untuk mendukung pariwisata terkait infrastruktur semua sudah ada perencanaan dan kajian. Kita dari pemerintahan juga  akan memfasilitasi untuk membentuk peguyuban transportasi atau asosiasi dengan semua pelaku wisata,” ucap Agung  dengan nada optimis.

Reporter: I Gede Sumadi

Editor: I Komang Budiarta