Prestasi Nasional, Pelayanan Harus Lebih Prima

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Bina Upaya Kesehatan Dasar mengumumkan pemenang FKTP berprestasi pada Jumat, (27/11). Penghargaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tahun 2015 terbagi dalam kategori Puskesmas Kawasan Perkotaan, Puskesmas Kawasan Pedesaan, Puskesmas Kawasan Terpencil dan kategori Klinik Pratama Berprestasi.

Puskesmas Nusa Penida I meraih Juara I FKTP 2015 kategori Puskesmas Pedesaan

Puskesmas Nusa Penida I meraih Juara I FKTP 2015 kategori Puskesmas Pedesaan

Pemenang FKTP Berprestasi Kategori Puskesmas Kawasan Perkotaan diraih oleh Puskesmas Mantrijeron Kota Yogyakarta sebagai juara I, Puskesmas Malili Kab Luwu Timur Sulsel sebagai Juara II, dan Juara III Puskesmas Cempaka Putih Kota Banjarmasin Kalsel. Juara Kategori Puskesmas Kawasan Pedesaan diraih oleh Puskesmas Nusa Penida I, Kab Klungkung Bali sebagai Juara I, Puskesmas Sukamaju Kab. Luwu Utara, Sulsel sebagai Juara II, dan Puskesmas Air Amo Kab Sijunjung Sumbar sebagai juara III. Berikutnya kategori Puskesmas Kawasan Terpencil dan Sangat Terpencil diraih oleh Puskesmas Siberut Kab Mentawai Sumbar sebagai Juara I, Puskesmas Mahalona Kab. Luwu Timur Sulsel sebagai Juara II, dan Puskesmas Kahala, Kab Kutai Kartanegara Kaltim sebagai Juara III. Adapun Pemenang Kategori Klinik Pratama Berprestasi diraih Klinik Nurjaya Kab Badung Bali sebagai Juara I, Klinik Fathir Kab Pinrang Sulsel sebagai Juara II, dan Nayaka Husada Kota Mataram, NTB sebagai Juara III.

Penilaian FKTP berprestasi dilaksanakan berdasarkan Permenkes No 24 Tahun 2015. Ada sejumlah instrumen penilaian sesuai instrumen standar yang meliputi proses penyelenggaraan kegiatan, penilaian hasil kerja dengan indikator kinerja, serta inovasi yang dilaksanakan FKTP terutama dalam melaksanakan kegiatan promotif dan preventif, serta dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat.

Prestasi yang diraih Puskesmas Nusa Penida I menjadi tantangan tersendiri dengan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Puskesmas yang berada di Banjar Sampalan, Desa Batununggul ini mendapat perhatian baik dari Pemda dan Pemprov Bali, termasuk pembangunan fisik dan penyediaan saran pendukung serta sumber daya. Sabtu, (5/12), jajaran Puskesmas Nusa Penida I membuat syukuran yang dihadiri langsung Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, camat Nusa Penida Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Kadis Kesehatan dr. Adi Swapatni serta seluruh petugas Puskesmas Nusa Penida I. Ia pun mengingatkan, prestasi harus sejalan dengan tingkat pelayanan kepada masyarakat secara berkelanjutan, tidak hanya terpaku pada lomba.

“Selamat atas prestasi yg telah diraih, ini merupakan hasil dari usaha dan kerja keras kita bersama selama ini. Juara 1 nasional bukanlah prestasi yang tidak main-main, dan harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat pelayanan yang lebih baik,” ujar Suwirta.

Ketut Rai Sutapa selaku Kepala Puskesmas menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya hingga akhirnya bisa meraih juara 1 nasional. Rai juga mengingatkan bahwa Puskesmas yang dipimpinnya masih mengalami keterbatasan alat medis. Untuk itu lembaganya berharap secepatnya mendapatkan dukungan pengadaan alat penunjang operasional tersebut.

Menanggapi informasi tersebut, Suwirta meminta Rai segera menyiapkan data akurat tentang segala kebutuhan yang diperlukan. Berikutnya pelayanan kesehatan terkait dengan sarana dan prasarana kedepannya telah dialokasikan anggaran sebesar 35%.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi