PMI Diminta Siaga, Tidak Hanya Soal Donor Darah Semata

SEMARAPURA, NUSA PENIDA POST

Berbagai bencana yang terjadi belakangan ini menuntut kinerja optimal dari seluruh komponen. Klungkung merupakan kabupaten terakhir yang membentuk BPBD sebagai upaya untuk memberi reaksi jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Berbagai organisasi berbasis sosial antara lain Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Klungkung diminta siap siaga memberi bantuan, tidak hanya sebatas mengurus donor darah semata. Sinergitas dan antisipasi penanggulangan bencana juga mesti menjadi konsentrasi. Hal ini disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta ketika membuka Musyawarah Kerja Kabupaten PMI Klungkung tahun 2015 di ruang Praja Mandala, Kamis, (26/3).

”Tidak hanya sekedar donor darah, PMI juga harus mampu melakukan antisipasi dini melalui peningkatan pelatihan-pelatihan,” ujar Suwirta.

PMI Klungkung menggelar Mukerkab, Kamis, (26/3)

PMI Klungkung menggelar Mukerkab, Kamis, (26/3)

Dari sisi geografis luas Klungkung tergolong kecil namun sebaran wilayah berupa kepulauan juga dinilai riskan dengan berbagai bencana. PMI juga diharapkan menyususn program kerja yang realistis dan mengedepankan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan. “Melalui Mukerkab ini, PMI mampu menghasilkan program kerja dan mengevaluasi kegiatan ditahun sebelumnya. Tentu sinergi dengan semua pihak sangat penting,” imbuhnya.

Ketua PMI Kabupaten Klungkung, Made Kasta dalam laporannya menyatakan, sesuai AD-ART PMI Kabupaten Klungkung pasal 37 ayat 6, Mukerkab ini akan membahas laporan pertanggungjawaban pengurus sebelumnya. Agenda lain menyusun dan mengesahkan rencana kerja tahun 2015 serta membahas berbagai hal penting yang bersifat strategis.

Mukerkab yang dihadiri sekretaris PMI Provinsi Bali, Gusti Made Rudiartha juga membahas perencanaan kedepan mengacu pada pembinaan dan pengembangan organisasi, kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana, pelayanan sosial dan kesehatan. Kasta juga menyebut perlunya pembinaan dan pengembangan relawan dan sumber daya termasuk penambahan sejumlah sarana.

“Sebagai sarana peningkatan pelayanan kepalangmerahan kepada masyarakat, kami juga mohonkan bantuan mobil untuk kereta jenazah,”sebutnya.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi