Pesta Rakyat Meriahkan HUT RI Ke-71

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Tinggal beberapa hari lagi, masyarakat Indonesia akan kembali merayakan hari kemerdekaan yang ke-71. Seluruh anak bangsa pun larut dalam berbagai perayaan hingga ke pelosok negeri, geliat perayaan juga sudah mulai didengungkan di Kepulauan Nusa Penida. Ketua panitia I Dewa Ketut Suspriajiwa memaparkan peringatan kali ini tidak hanya diisi perlombaan namun ditambah pameran UMKM dan kerajinan khas lokal hingga mendatangkan artis papan atas Bali sebagai hiburan.

Sejumlah hiburan dipersiapkan untuk perayaan HUT RI termasuk Band Motifora

Sejumlah hiburan dipersiapkan untuk perayaan HUT RI termasuk Band Motifora

“Kolaboratif antara perlombaan maupun pertandingan dengan entertainment, benar-benar menghibur masyarakat. Belum lagi pemeran berbagai makanan dan kerajinan khas Nusa Penida,” jelasnya.

Suspriajiwa juga menandaskan peringatan hari kemerdekaan kali ini lebih semarak dan meriah dibanding tahun sebelumnya. Berbagai acara dikemas sebagai bentuk implementasi spirit kemerdekaan dalam suasana yang semarak. Panitia juga untuk kali pertama menyelenggarakan lomba layang-layang dan secara khusus ajang sepak bola joged diikuti perwakilan dari sejumlah BUMN.

Pengemasan acara sengaja dikemas lebih ceria dan semarak dengan mengendepankan spirit hari kemerdekaan. Perlombaan atau pertandingan ada penambahan seperti sepak bola jogeg, gerak jalan indah, lomba layang-layang yang belum sama sekali pernah digelar. Penambahan lomba ini dimaksudkan menonjolkan sisi hiburan semata bukan mencari pemenang. Khusus cabang sepak bola jogeg hanya kontingen instansi pemerintah maupun BUMN yang ada di Nusa Penida ikut berpartisipasi. Lomba perahu layar termasuk yang miniatur tetap menjadi agenda utama dengan total semua perlombaan mencapai 10 cabang.

Dikonfirmasi terpisah, Panitia Hiburan Dewa Umar menjelaskan pemeran UMKM dibuka pada 16 Agustus dan pada 17 Agustus masyarakat akan dihibur band papan atas Bali Motifora dan penyanyi Bali legendaris Anak Agung Raka Sidan. Pelawak Denok dan rekan juga dipastikan tampil dengan guyonan yang siap menghibur. Beberapa nama band lokal juga turut memeriahkan periangat yakni The leveh Band, Malibustone serta band lainya. Masyarakat yang hadir juga akan dimanjakan dengan undian kupon dengan hadiah utama satu unit motor metic.

I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya selaku Camat Nusa Penida memastikan perayaan mengedepankan hiburan sekaligus pameran potensi UMKM. “Peringatan hari kemerdekaan lebih semarak dan sumringah dengan berbagai perlombaan yang mengendepankan menghibur masyarakat. Pada dasarnya warga kita haus hiburan, kalaborasi apik entertainment dan lomba serta pemeran UMKM benar-benar pesta rakyat,” terang Mahajaya.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi