Peringati Earth Day, Penyelam Gelar Reef Clean Up

LEMBONGAN, NUSA PENIDA POST

Jumat kemarin, (22/4) diperingati sebagai hari bumi sedunia atau yang lebih dikenal ‘Earth Day’. Beragam kampanye dan kegiatan digelar di berbagai belahan dunia sebagai bentuk kepedulian terhadap masa depan bumi yang kini semakin kotor dengan polusi dan pencemaran. Hari Bumi pertama kali dicetuskan oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson pada 1970. Ia juga dikenal sebagai pengajar lingkungan hidup. Saat ini, lebih dari 175 negara ikut andil dalam peringatannya termasuk dengan kampanye lingkungan.

Sejumlha penyelam melakukan aksi bersih sampah plastik di Lembongan Bay pada peringatan Earth Day

Sejumlah penyelam melakukan aksi bersih sampah plastik di Lembongan Bay pada peringatan Earth Day

Tidak mau ketinggalan, Pulau Lembongan yang menjadi tujuan wisata kelas dunia mulai berbenah tentang kelestarian lingkungan. Wisata Lembongan yang bertumpu pada lingkungan bahari sangat rentan dengan isu pencemaran, terutama sampah plastik. Warga kini mulai sadar dengan ikut menjaga lingkungan bahkan sejumlah wisatawan ikut ambil bagian. Kelompok penyelam dari seluruh dive center yang dikoordinir World Diving Lembongan melakukan aksi penyelaman, namun bukan untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya tetapi membersihkan sampah plastik di dasar laut. Koordinator aksi, Ketut Catur Laksana menjelaskan kegiatan ini diinisiasi sebagai bentuk kepedulian para penyelam terhadap kehidupan laut.

“Hari Bumi ini merupakan momentum yang baik untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya para penyelam untuk mencintai laut dengan menjaganya agar tetap bersih” jelas Catur yang juga pemandu penyelam di World Diving Lembongan, (22/4).

“Apa yang kita lakukan ini bukan pamer semata, tapi inilah langkah nyata dari kami para penyelam ”, imbuh Komang Arik Wirawan yang juga seorang penyelam.

Informasi dari penyelenggara, reef clean up diikuti oleh 20 penyelam yang didominasi witawan asing. Penyelaman difokuskan di kawasan Lembongan Bay dengan pertimbangan spot ini menjadi sentra aktivitas surfing, snorkeling maupun diving.

Masih terkait dengan peringatan Earth Day, perusahaan Bali Hai Cruise yang bekerjasama dengan lembaga konservasi Coral Triangle Center juga menggelar kegiatan bersih lingkungan yang diikuti para siswa dan wisatawan asing. Perbekel Lembongan Ketut Gede Arjaya bahkan turut serta dalam kegiatan yang menekankan bahwa semua pihak wajib bertanggungjawan terhadap pengelolaan sampah.

Citizen Journalist: I Wayan Bagiayasa

Editor: I Gede Sumadi