Warning: Use of undefined constant ‘DISALLOW_FILE_EDIT’ - assumed '‘DISALLOW_FILE_EDIT’' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Perbekel Dibui, Sekdes Naik Jabatan
 

Perbekel Dibui, Sekdes Naik Jabatan

BUNGA MEKAR, NUSA PENIDA POST

Masih ingat dengan kasus penyalahgunaan dana program Gerbang Sadu di Desa Bunga Mekar? Perbekel aktif saat itu, I Ketut Tamtam menjadi tersangka kasus korupsi. Dalam beberapa sidang yang digelar, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan setidaknya 6 saksi, antara lain perwakilan Bank BPD cabang Klungkung dan cabang pembantu Nusa Penida, Ketua dan Bendahara LPM, pendamping dana dan Ketua BPD. Penetapan Tamtam menjadi tersangka berdasarkan keputusan Pengadilan Tinggi Denpasar nomor: 2/PID.SUS/2014/PT.TPK.DPS tanggal 28 April 2014. Dalam keputusan tersebut, Tamtam terbukti secara sah dan meyakinankan melakukan tindak pidana korupsi sehingga dijatuhi sanksi 1 tahun 6 bulan penjara.

Prilaku korupsi ibarat penyakit menular yang menggerogoti hampir semua level pemegang kekuasaan. Mulai dari pejabat setingkat menteri sampai level perbekel juga turut terseret. Kasus ini bermula dari bantuan dana yang diperoleh Desa Bunga Mekar sebesar Rp 1.020.000.000, dana yang seharusnya diperuntukkan untuk pembangunan desa justru diselewengkan untuk kepentingan pribadi. Sejak ditetapkan sebagai tersangka, pelayanan kepada masyarakat diambil alih Sekretaris Desa sesuai Keputusan Bupati Klungkung Nomor 245/19/H2O/2013 tentang Pemberhentian Sementara Perbekel Desa Bunga Mekar yang diikuti penunjukan Sekretaris Desa untuk melaksanakan tugas dan kewajiban perbekel.

Sekretaris Desa Bunga Mekar dilantik sebagai perbekel menggantikan pejabat sebelumnya yang terjerat kasus korupsi

Sekretaris Desa Bunga Mekar dilantik sebagai perbekel menggantikan pejabat sebelumnya yang terjerat kasus korupsi

Selang beberapa lama, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bunga Mekar memutuskan mengajukan usulan nomor : 04/BPD/VIII/2014 tertanggal 19 Agustus 2014 yang berisi usulan pejabat Perbekel Desa Bunga Mekar. Sesuai dengan aturan yang ada dan butir kesepakatan, Sekretaris Desa, I Wayan Sregeg diangkat sebagai Perbekel Desa Bunga Mekar menggantikan I Ketut Tamtam.

Pelantikan perbekel dilakukan di Balai Pertemuan Desa Pekraman Pondok Aha, Kamis, 9 Oktober lalu. Camat Nusa Penida, I Ketut Sukla hadir pada pelantikan. Sukla pun sempat mengungkapkan vacum-nya  jabatan perbekel sedikit tidak berimbas pada layanan masyarakat. Ia meminta pejabat yang baru dilantik agar benar-benar mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.

“Pejabat Perbekel sebagai ujung tombak pelayanan di masyarakat agar selalu ingat akan tugas dan fungsi pokok sebagai perbekel guna melayani masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi