Perayaan Maulid Nabi dan Tradisi Megibung Warga Kampung Toya Pakeh

TOYA PAKEH, NUSA PENIDA POST

Senin lalu (12/12) bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1438 Hijriah, warga di kampung Toya Pakeh menggelar sejumlah acara. Peringatan yang dipusatkan di Masjid Al-Imron dihadiri langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Tari Rudat dan kirab Bale Suji kelliling kampung menjadi pembuka acara. Bale Suji yang diarak berbentuk perahu yang dihiasi telur dan berlafadz Allah sebagai bentuk puji syukur kepada Tuhan atas segala limpahan kehidupan semesta.

Perayaan Maulid Nabi di Kampung Toya Pakeh, selain pementasa tari dan kirab, warga juga menggelar acara 'megibung' atau makan bersama

Perayaan Maulid Nabi di Kampung Toya Pakeh, selain pementasa tari dan kirab, warga juga menggelar acara ‘megibung’ atau makan bersama

Perbekel Kampung Toya Pakeh, Musbahudin juga menjelaskan penggunaan Bale Suji menjadi simbol rasa terima kasih umat kepada sang pencipta.

“Bale Suji sebagai simbol syukur kepada Allah atas segala yang dilimpahkan,” ujar Musbahudin disela acara.

Ditambahkan, telur menjadi lambang dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang menjadi gambaran bahwa umat harus bisa meneladani dan mengaplikasikan ajaran Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.

“Peringatan ini, umat meningkatkan ajaran keagamaam, budi pekerti, ahlak dan prilaku kehidupan bermasyarakat,” imbuhnya.

Sementara Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta menekankan ada hal penting perayaan di luar makan spiritual. Umat muslim khususnya di Kampung Toya Pakeh agar bisa mencontoh sifat-sifat luhur Nabi Muhammad SAW dalam berbagai dimensi baik pikiran, perkataan maupun tindakan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Melalui peringatan ini umat bisa mentauladani sifat luhur Nabi Besar Muhammad SAW tentunya dengan berprilaku, berkata, berpikir dan berbuat yang baik,” ujar Bupati Suwirta.

Tidak hanya kirab dan tarian, warga juga menggelar makan bersama yang lebih dikenla dengan tradisi ‘megibung’. Tradisi ini sudah berjalan secara turun temurun dan bermanfaat untuk mempererat jalinan kebersamaan dan kekeluargaan antar warga.

Reporter: Santana ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi