Perangi Narkoba dengan Olahraga

SEMARAPURA, NUSA PENIDA POST

Narkoba saat ini masih merajalela di berbagai kalangan termasuk kaum pelajar. Di Indonesia ada jutaan warga menjadi konsumen aktif narkoba padahal sanksi dan efeknya sudah jelas-jelas merugikan. Bisnis barang haram ini bahkan sudah merambah di daerah pedesaan seperti cendawan di musim penghujan. Lembaga pemerintah mulai dari pusat hingga daerah membentuk satuan khusus untuk mencegah peredaran narkoba. Sosialisai dengan berbagai model juga tak kalah menggema, satu dari sekian modelnya lewat olahraga mengkampanyekan bahaya narkoba.

Lomba senam sehat sebagai ajang sosialisasi bahaya narkoba di kalangan pelajar

Lomba senam sehat sebagai ajang sosialisasi bahaya narkoba di kalangan pelajar

Klungkung juga termasuk wilayah yang rentan peredaran narkoba terutama di kawasan wisata. Untuk memberi pemahanan penyalahgunaan narkoba, Pemkab menyelenggarakan lomba senam sehat anti narkoba yang bekerjasama dengan Ratu Pelangi Production Jakarta. Lomba digelar dalam dua kategori, baik perorangan dan kelompok bertempat di Balai Budaya (17/10). Puluhan peserta ikut ambil bagian mulai dari siswa tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan guru. Acara juga dirangkai dengan peringatan Hari Olahraga Nasional dan Hari Sumpah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Klungkung, Nyoman Mudarta, acar senam sehat dimanfaatkan untuk menyampaikan sosialisasi sekaligus memasyarakatkan tentang bahaya narkoba sejak dini pada anak-anak .

“Lomba ini digunakan sebagai evaluasi dari sosialisasi pelatihan yang dilaksanakan sebelumnya. Ini juga menjadi sosialisasi tentang bahaya narkoba,” ujar Mudarta, Sabtu (17/10).

Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta menilai lomba ini menjadi salah satu contoh menggemakan anti narkoba di masyarakat. “Setelah ini agar diteruskan dimasing-masing sekolah sehingga anak-anak tidak terjerumus ke hal negatif,” ujar Suwirta.

Reporter : Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi