Penikmat Kopi Wajib Tahu ini

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Kopi merupakan salah satu produk unggulan yang dinikmati oleh hampir semua golongan. Mitos yang berkembang di masyarakat meyakini bahwa kopi mampu membuat seseorang melek dan kuat bergadang. Minum kopi di beberapa daerah bahkan sudah menjadi tradisi dengan berbagai tambahan racikan dan model penyajian. Sejak ditemukan ribuan tahun lalu di Benua Afrika, kopi menyebar luas dan dianggap memiliki energi serta berkhasiat. Berdasarkan literatur sejarah, kopi masuk ke Indonesia lewat Batavia, sekarang Jakarta lewat perdagangan Belanda. Pada pasar global, Indonesia merupakan salah satu negara produsen termasuk kopi termahal dunia, kopi luwak.

Kopi memberi manfaat jika dikonsumsi secara tepat

Kopi memberi manfaat jika dikonsumsi secara tepat

Kopi mengandung sejumlah zat antara lain, kafein yakni senyawa alkeloid yang jika diminum berlebihan bisa menyebabkan ketergantungan hingga memicu kanker. Berikutnya ada ethyphenol, quinic acid yang dipakai sebagai bahan obat flu, dicaffeoylquinic acid  yang secara medis bisa berfungsi sebagai antioksidan. Kopi juga mengandung senyawa putrescin dan trigonelline yang baik buat gigi namun gigi menjadi hitam. Secara medis, minum kopi tidak diajurkan lebih dari 3 kali dalam sehari. Kebiasaan minum kopi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih berlangsung hingga kini. Menurut dr. I Wayan Sucitra, banyak yang tidak menyadari bahwa minum kopi dalam keadaan perut masih kosong bisa meningkatkan asam lambung. Ia pun menyarankan sebaiknya isi perut terlebih dahulu sebelum minum kopi dan jumlahnya pun dibatasi.

“Kebiasaan tersebut salah satu penyebab asam lambung naik. Sebaiknya sarapan terlebih dahulu sebelum ngopi. Namun diakui ngopi pada pagi hari berefek meningkatkan daya kreatifitas seseorang. Aktifitas dari pagi hingga jeda siang hari membutuhkan energi,” jelas Sucitra saat ditemui tempat prakteknya (6/12) lalu di Banjar Kutapang, Desa Batununggul.

Naiknya asam lambung juga bisa disebabkan oleh makanan pedas, minuman beralkohol, bersoda yang menimbulkan iritasi dan rasa nyeri di ulu hati. Ciri umum yang mudah dikenali bagi penderita asam lambung adalah mual-mual ketika gosok gigi. Dalam dunia kesehatan juga disarankan untuk tidak minum obat dalam keadaan perut kosong yang bertujuan untuk mengurangi komplikasi gangguan asam lambung. Di sisi lain, jika minum kopi sesuai takaran yang tepat, kopi memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Mengkonsumsi kopi maksimal 3 gelas sehari bisa mengurangi resiko terkena batu ginjal dan juga diabetes. Manfaat lain, kopi mampu mencegah penyakit jantung dan strok.

“Asalkan kopi dinikmati sesuai takaran dan dalam batas wajar, manfaatnya juga baik untuk kesehatan,” imbuh Sucitra.

Reporter : Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi