Penidago.com Permudah Akses Berwisata Ke Nusa Penida

DENPASAR, NUSA PENIDA POST

Tingkat kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Nusa Penida mengalami tren kenaikan setiap tahun. Ada sejumlah pintu masuk untuk berwisata mulai dari Pelabuhan Benoa, Serangan, Sanur, Klungkung hingga Padang Bai. Data yang dihimpun dari sejumlah sumber menyebut armada fastboat menjadi pilihan favorit transportasi penyeberangan meski kadang muncul masalah ketika high season dan bertepatan dengan hari raya. Antrean panjang berjam-jam hingga permainan harga tiket kerap mewarnai. Kondisi ini tentu bisa menimbulkan citra buruk bagi perkembangan pariwisata dan membuat pengunjung tidak nyaman.

Akses transportasi menuju Nusa Penida kini semakin mudah dengan pemesanan tiket online

Berkaca dari situasi ini, seorang pemuda Putu Krisna, lulusan Politeknik Negeri Bali mencoba mengganti metode konvensional dengan mengembangan model pemesan tiket fastboat secara online lewat portal http://penidago.com/. Menurut Krisna yang sering dipanggil ‘Goler’, pengembangan reservasi tikel fastboat online terinspirasi dari pengalaman pribadi.

“Ini terinspirasi dari pengalaman pribadi. Pertama waktu kuliah saya susah membeli tiket ketika akan pulang. Terkadang berpikir dapat atau tidak tiketnya. Terus kedua maraknya wisatawan mendapat harga tiket yang mahal ketimbang harga jual tiket speedboat. Saya takut akan masa depan pariwisata Nusa. Alasan ketiga, wisatawan tidak memiliki informasi lengkap dan tidak bisa merencanakan untuk long stay di nusa penida,” papar Goler pada peluncuran penidago.com di Kubu Kopi, Hayam Wuruk, Denpasar, (20/1).

“Saat ini masih berupa website yang menjual tiket boat. Selanjutnya akan terintegrasi dengan sewa mobil untuk trip, motor, dan dikembangkan ke aplikasi,” tambahnya.

Hingga kini penyeberangan masih didominasi armada boat dan hanya menerima pemesanan via telepon dan penjualan langsung. Proses pembatalan dan ketidakpastian kedatangan pemesan sering menghambat pihak fastboat dan penumpang lain yang membeli tiket langsung di pelabuhan. Penidago.com melihat kemajuan industri pariwisata harus didukung dengan tekhnologi informasi yang memudahkan wisatawan untuk mengakses layanan tanpa batas, aman dan efisien melalui satu media online. Ketersediaan informasi berbasis online ini  diharapankan membantu wisatawan melakukan perencanaan liburan.

Sistem dan fasilitas Penidago.com memungkinkan calon penumpang mencari informasi tiket secara transparan, melakukan pemesanan, pembelian, sekaligus melakukan pembayaran secara online yang aman melalui berbagai sistem dan model pembayaran. Pemesana tiket melalui Penidago.com cukup mudah hanya dengan mengisi kolom pencarian untuk tanggal keberangkatan. Wisatawan hanya dapat booking tiket minimal 1 hari sebelum hari keberangkatan. Setelah menetukan tanggal keberangkatan maka sistem akan otomatis melacak ketersediaan seat pada setiap speedboat. Setiap pemesan diwajibkan mengisi formulir identitas penumpang dan melakukan pembayaran dengan berbagai metode dengan batas waktu pembayaran. Tahap akhir, sistem akan otomatis mengirimkan tiket elektronik atau evoucher.

Penidago.com juga menjamin biaya yang sama dengan harga yang ditawarkan pihak perusahaan speedboat yang termasuk biaya pajak, bagasi, dan asuransi. Ada dua kategori harga yakni wisatawan lokal dan wisatawan asing. Reservasi tiket secara online dijamin lebih transparan dan mengurangi resiko dicurangi permainan harga calo.

Reporter: I Gede Sumadi

Editor: I Komang Budiarta