Pengukuhan Badan Pimpinan Cabang PHRI Klungkung di Pemedal Agung Kerta Gosa

SEMARAPURA, NUSA PENIDA POST

Badan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Klungkung secara resmi dikukuhkan Senin, (23/10) di depan Pemedal Agung, Kompleks Kerta Gosa, Semarapura. Pengukuhan dilakukan langsung  Ketua BPD PHRI Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati yang dihadiri Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, jajaran SKPD Klungkung dan perwakilan PHRI se-Bali.

Badan Pimpinan Cabang PHRI Klungkung dikukuhkan di Pemedal Agung, Kerta Gosa, Senin, (23/10)

Dalam sambutannya, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati yang akrab dipanggil Cok Ace menyebut Klungkung merupakan kabupaten terakhir yang membentuk kepengurusan BPC PHRI. Pengukuhan kali ini pun dianggap peristiwa sejarah bagi pariwisata Klungkung. Ketua BPD PHRI Bali yang sudah menjabat 12 tahun ini juga mendorong dibentuknya Badan Promosi Pariwisata Daerah.

“Akhirnya BPC PHRI Klungkung terbentuk. Biasanya kalau ada acara PHRI Klungkung tidak pernah hadir karena memang belum terbentuk. Setelah sekarang terbentuk harapannya bisa ikut berkiprah pada daerah Klungkung dan Bali pada umumnya,” ucapnya

Ini merupakan satu peristiwa yang sangat bersejarah, khususnya untuk Kabupaten Klungkung dan untuk industri pariwisata di Klungkung itu sendiri. Klungkung walaupun sebenarnya posisi pariwisata sudah tinggi tetapi dari segi keorganisasian, asosiasi yang mewadahi tidak pernah terbentuk. Jadi secara alami saja Klungkung sudah hebat apalagi sudah ada PHRI,” imbuh Cok Ace.

Sementara Bupati Klungkung dalam sambutannya berharap terbentuknya PHRI diharapkan bisa membawa pariwisata Klungkung menjadi lebih baik. Pihaknya juga berkomitmen penuh mendukung segala upaya untuk memajukan pariwisata

“Setelah Bapak Ibu dikukuhkan saya berharap ikut andil dalam mengembangkan pariwisata Klungkung. Saya sejak awal sudah minta PHRI Klungkung terbentuk. Saya berkomitmen untuk meluangkan waktu bila diajak diskusi terkait PHRI. Potensi dan dan komitmen kami di pemerintah daerah jangan diragukan lagi,” papar Suwirta.

Pasca dikukuhkan, pengurus BPC PHRI Klungkung menggelar rapat kerja di Gedung Praja Mandala termasuk menggodok program kerja. Pendataan akomodasi wisata dan restoran yang tersebar di wilayah Klungkung menjadi langkah utama untuk menata industri pariwisata Klungkung. Ketua BPC PHRI Klungkung, Wayan Kariana berharap organisasi yang dipimpinnya bisa menjadi mitra kerja pemerintah dalam di dunia usaha pariwisata.

“Saya yakin Bapak Ibu pengurus PHRI Klungkung orang-orang yang sangat sibuk. Namun demikian saya berharap Bapak-Ibu untuk semangat ngayah. Dengan semangat ngayah kita bisa menjalankan program kerja yang telah kita rancang bersama. Ini juga demi terciptanya suitable tourism di Klungkung pada khususnya, semua tertata sesuai standar dan bisa dijadikan pijakan dalam pengambilan kebijakan,” harap Kariana

Seusai pengukuhan dan rapat kerja, BPC PHRI Klungkung langsung menyerahkan bantuan berupa beras, handuk dan selimut. Penyerahan dilakukan langsung ke posko induk yang berada di Gor Swecapura. Bantuan yang diserahkan berasal dari sumbangan PHRI se-Bali.

Reporter: I Gede Sumadi

Editor: I Komang Budiarta