Warning: Use of undefined constant DISALLOW_FILE_EDIT - assumed 'DISALLOW_FILE_EDIT' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Pengujian Kendaraan Bermotor Tidak Mesti Menyeberang Lagi
 

Pengujian Kendaraan Bermotor Tidak Mesti Menyeberang Lagi

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Pemilik kendaraan bermotor di Kepulauan Nusa Penida kini tidak perlu lagi menyeberang ke Klungkung daratan untuk uji kelayakan kendaraan (KIR). Dishubkominfo Klungkung memberikan pelayanan dua kali dalam setahun Data dari pihak Dishubkominfo menyebutkan jumlah kendaraan di Nusa Penida meningkat setiap tahun, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat namun banyak yang tidak melakukan uji kelayakan.

Pemilik kendaraan bermotor mengaku enggan melakukan pengujian karena harus menyeberang dan membutuhkan biaya lebih untuk transportasi. Untuk menjembati agar tidak terjadi pelanggaran administrasi lebih akut, Dishubkominfo langsung terjun sehingga pemilik kendaraan yang ingin melakukan kir bisa terlayani.

Dishubkominfo Klungkung memberikan layanan uji kelayakan kendaraan secara khusus di Kepulauan Nusa Penida

Dishubkominfo Klungkung memberikan layanan uji kelayakan kendaraan secara khusus di Kepulauan Nusa Penida

Kabid Teknik Sarana Angkutan Klungkung, I Dewa Gede Wisasta menilai tingkat kesadaran masyarakat untuk mengikuti kir mengalami peningkatan. Menurutnya hal itu tidak terlepas dari sosialisasi yang dilakukan serta kewajiban pemilik kendaraan yang melampirkan bukti kir ketika pembayaran pajak tahunan kendaraan.

“Partisipasi warga sangat tinggi dari tahun sebelumnya. Warga mulai sadar akan kewajiban mengekir kendaraan uji kelayakan jalan. Sebelum operasi Kapal Roro, warga enggan untuk kir. Sosialisasi terus-menerus mengingatkan warga akan pentingnya uji kendaraan. Saat samsat kendaraan diwajibkan kir kendaraan sebagai pelampiran,” ujarnya disela-sela pelayanan (24/12).

I Dewa Gede Wisasta yang akrab disapa Dewa Bima menyatakan pelayanan kir dipusatkan di dua lokasi, yakni di Gor Sampalan selama dua hari, Selasa hingga hari ini dan satu hari di Nusa Lembongan.

“Dalam pelayanan tiga hari jumlah kendaraan yang dikir mobil penumpang umum sebanyak 30 unit, disusul pick-up 131 unit. Sementara kendaraan truk 43 unit, sehingga jumlah semuanya sebanyak 204 unit terlayani di dua tempat,” terang Dewa Bima.

“Kendaraan yang beroperasi di Nusa Penida tetapi tidak plat Klungkung diharapkan cabut berkas agar tidak hanya pakai jalan tapi pajaknya di tempat lainya,” tambahnya.

Sementara pemilik truk, I Made Sutama mengakui pelayanan kir secara khusus ini memberi kemudahan bagi pemilik kendaraan.

“Saya rasa ini bagus sehingga tidak mempersulit pemilik kendaraan,” cetusnya (24/12)

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi