Warning: Use of undefined constant DISALLOW_FILE_EDIT - assumed 'DISALLOW_FILE_EDIT' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Pencarian Penumpang Jatuh Dari Speed Boat Masih Nihil
 

Pencarian Penumpang Jatuh Dari Speed Boat Masih Nihil

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Keganasan gelombang di Selat Badung kembali memakan korban. Rabu kemarin, (8/6) seorang penumpang jatuh ke laut setelah speed boat yang ditumpangi oleng dihantam gelombang besar. Boat cepat Caspla Bali 3 dengan rute Pelabuhan Buyuk – Pesinggahan, Dawan Klungkung diketahui mengangkut 34 penumpang. Boat berangkat pukul 15.30, selang 10 menit perjalanan menuju Pesinggahan, boat diterjang gelombang besar dan naas penumpang yang duduk di belakang terhempas ke laut.

Tim dari berbagai unsur melakukan pencarian korban yang jatuh dari speed boat

Tim dari berbagai unsur melakukan pencarian korban yang jatuh dari speed boat

Hingga berita ini diturunkan, pencarian korban masih terus berlanjut dengan melibatkan berbagai unsur baik Kepolisian setempat, TNI, KKP, Basarnas, BNPB dan pihak kecamatan. Penyisiran kawasan bahkan dipimpin langsung Kapolsek, Kompol Gede Arianta ke sejumlah lokasi baik di Pesinggahan, sepanjang pantai Gianyar, Sanur hingga ke Pulau Serangan namun hasilnya masih nihil. Besarnya gelombang juga menjadi kendala tim untuk mencari korban. Sejumlah peralatan dari Tim SAR dan BNPB terlihat di Pelabuhan Padang Bai sementara kapal patroli tampak melakukan pencarian. Kondisi laut yang kurang bersahabat menjadi kendala utama, hingga siang tadi gelombang masih tinggi bahkan penyeberangan tujuan Kusamba terpaksa dialihkan ke Padang Bai.

“Kondisi gelombang mengambat proses pencarian pertimbangan keselamatan speed boat terpaksa balik lagi ke pelabuhan Buyuk. Pencarian berkoordinasi dengan pihak Barsarnas, BPBD Klungkung serta masyarakat pencarian dilaksanakan tapi hasilnya masih nihil,” ujar Arianta pada Kamis siang, (9/6).

Kronologisnya Jatuhnya Penumpang

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi dari berbagai sumber disebutkan kejadian berawal Rabu sore (8/6) ketika Fast Boat Caspla Bali 3 dengan kapten I Kadek Agus Adi Rada Kresna mengangkut 34 penumpang denga rute Buyuk menuju Pesinggaha, Dawan. Boat berangkat sekitar pukul 15.30 Wita. Dalam perjalanan, gelombang besar membuat boat oleng hingga seorang penumpang atas nama Ni Gusti Ayu Sukaseni (57) terhempas ke laut. Korban diketahui berasal dari Banjar Celuk, Panjer, Denpasar.

Salah satu penumpang, I Kadek Mus mengatakan dari awal perjalanan air cukup bagus tetapi ketika di pertengahan ada gelombang besar. Sejumlah penumpang sempat dilanda kecemasan hingga diputuskan boat balik kanan dan kembali ke Pelabuhan Buyuk.

“Pas awak berangkat bagus, di tengah sudah mulai dihantam. Saya juga tidak tahu siapa karena semua dalam kondisi agak tegang, dibelakang ada yang bilang, ibu yang duduk disini kok tidak ada, selanjutnya dilaporkan ke kapten. Untuk menghindari resiko fatal dan hasil kesepakatan penumpang, speed boat balik ke Buyuk,” papar kadek yang dikonfirmasi Kamis pagi, (9/6)

Kapolsek Nusa Penida, Kompol I Gede Arianta membenarkan terjadi kecelakaan di tengah laut yang dialami boat Caspla Bali 3 hingga akhirnya satu penumpang terjun ke laut. Sesuai laporan yang disampaikan, armada berlayar sekitar 10 menit tiba-tiba datang gelombang besar yang mengakibatkan boat oleng pertama ke kanan, kemudian oleng ke kiri. Kapten boat atas nama I Kadek Agus Adi Rada Kresna selanjutnya mengurangi kecepatan boat. Bersamaan dengan itu, salah satu anak buah kapal atas nama I Ketut Sudi mendekati kapten dan menyampaikan bahwa ada salah satu penumpang terjatuh ke laut. Selanjutnya atas permintaan para penumpang, boat kembali ke pelabuhan Buyuk.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi