Warning: Use of undefined constant DISALLOW_FILE_EDIT - assumed 'DISALLOW_FILE_EDIT' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Pembentukan Fisik dan Mental Anak Usia Dini melalui Yoga
 

Pembentukan Fisik dan Mental Anak Usia Dini melalui Yoga

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Yoga adalah salah satu seni olah rasa dan raga yang berasal dari Asia Selatan, tepatnya India. Yoga fokus pada teknik pernapasan yang mengutamakan perpaduan keseimbangan pikiran dan fisik sehingga bisa menjadi terapi mental. Beberapa dekade belakangan, yoga semakin sering dipraktekkan, tidak hanya di negeri asalnya tetapi sudah menyebar sampai Benua Amerika dan Eropa.

Yoga dinilai bisa menjadi media pembentukan fisik dan mental pada anak usia dini meskipun umumnya dilakukan orang dewasa. Seperti yang terlihat di SD Negeri 1 Batununggul (7/12), puluhan siswa mempraktekkan gerakan yoga yang menjadi kegiatan ektrakurikuler setiap Sabtu pagi bertempat di depan Gor Sampalan.  Menurut pembina yoga, Mangku I Dewa Gede Mustika, yoga menjadi alternatif kegiatan untuk pembentukan karakter dan fisik anak sejak usia dini.

Yoga dipraktekkan sejak dini untuk pembentukan fisik dan mental anak

Puluhan anak SDN 1 Batununggul mempraktekkan yoga untuk pembentukan fisik dan mental

“Secara langsung kita bisa melihat, yoga memberi efek pada peningkatan kualitas kesehatan fisik. Selain itu, pola gerakan yoga juga dapat membantu dalam meredakan stress dan mengontrol emosi karena perlu ketenangan selama masa meditasi atau yoga sehingga karakter positif bisa terbentuk,” tuturnya.

Mustika yang juga guru Agama mengklaim, yoga mampu mendorong kreativitas anak dengan pola gerakan yang disesuaikan. Yoga pada intinya keseimbangan dan keselarasan antara otak kiri dan kanan. Kegiatan yoga secara teratur dapat meningkatkan komunikasi internal antara kedua otak yang sangat jarang kita sinergikan dalam kegiatan sehari-hari. Kombinasi internal secara sinkron ini diyakini menyeimbangkan kecerdasan kognitif dan daya kreativitas. Tentu ini akan membuat anak lebih fokus dan meningkatnya konsentrasi sehingga otak dan kecerdasannya berkembang secara optimal.

Setidaknya ada dua belas gerakan dasar yoga, pertama surya namaskar yang berfungsi untuk menyimbangkan badan. Berikutnya, pramayaman asta susana dengan posisi tangan diangkat, dada astana, aswa sncha asana, pawata asana model posisi seperti gunung. Adapula gerakan astangga asana, bujangga astana posisi seperti ular kobra, aswa santana astana, usta sanana, serta gerakan terakhir pranama asana. Jika dikaji lebih jauh, semua pola gerakan yoga mengadopsi gerakan alam yang ada di sekitar kita, hanya diadaptasikan dalam bentuk gerakan sederhana.

Beberapa praktisi kesehatan mengakui, yoga sangat efektif untuk melatih pernapasan apalagi dilakukan sejak dini. Kombinasi berbagai macam gerakan dan teknik pernapasan membantu kelancaran sirkulasi pernapasan dan sirkulasi darah dalam tubuh. Disamping membuat tubuh lebih sehat dan rilex, juga merangsang kreativitas anak didik.

“Melalui gerakan dan teknik yang tepat disertai kosentrasi pikiran, fisik akan lebih sehat, bugar, dan kuat, bahkan emosi pun lebih seimbang,” jelas Mustika.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi