Pelatihan Jurnalistik & Pembuatan Blog, Menginap Bersama di Rumah Warga

Pelatihan jurnalistik dan pembuatan blog didukung oleh beberapa sponsor

Pelatihan jurnalistik dan pembuatan blog didukung oleh beberapa sponsor

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST
Jurnalisme warga adalah jurnalisme yang beritanya berasal dari dan oleh masyarakat, serta disebarkan oleh masyarakat itu sendiri untuk konsumsi publik. Jurnalisme warga memungkinkan berita lebih cepat disampaikan secara up to date, menyuarakan suara-suara minor dan marjinal serta mampu mengungkap segala permasalahan dan potensi wilayah warga. Dengan kata lain jurnalis-jurnalis warga ini menjadi duta yang akan dengan nyaring menyuarakan hal ini. Internet dengan segala fasilitas yang dimiliki seperti blog, web, media sosial telah mampu mempercepat penyebaran berita dari jurnalisme warga ke seluruh penjuru dunia.

Namun demikian, kualitas maupun kuantitas dan pengunggahan jurnalisme perlu dilatih sehingga jumlah tulisan mereka semakin produktif sesuai kaidah-kaidah jurnalistik dan mendorong efisiensi serta efektivitas penyebaran berita melalui media. Diharapkan dengan pelatihan jurnalisme warga, kegiatan menulis jurnalistik tidak lagi terpaku pada keahlian khusus tetapi lebih pada kemauan dan kebiasaan semata.

Sloka institute (www.sloka.or.id) adalah sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat khususnya dibidang jurnalistik. Melaui agenda khusus, Sloka Institute mengajak masyarakat, terutama warga Nusa Penida ikut serta dalam pelatihan jurnalistik sebagai misi mereka. Hal ini sejalan dengan keberadaan Nusa Penida Media yang telah berkontribusi dalam jurnalisme warga melalui berita di www.facebook. com/medianusapenida atau www.nusapenidamedia. com yang juga berencana melakukan pelatihan serupa pada Agustus 2013 mendatang. Nusa Penida Media yang selama ini memuat segala permasalahan, potensi serta berbagai kejadian yang ada di Nusa Penida dirasa perlu untuk meningkatkan kualitas tulisan baik dari kontributor maupun jurnalis-jurnalis warga. Pihak Yayasan sloka institut yang telah berpengalaman di berbagai media seperti Detik.com, Tempo, The Jakarta Post dipercaya bisa memberikan pelatihan yang berharga. Niat baik sloka institute ini nyekrup dengan kegiatan Nusa Penida Media untuk melakukan pelatihan di Nusa Penida tepatnya di rumahnya I Ketut Pesta, Manteb Desa Sakti. Kegiatan berlangsung selama dua hari, 29 sampai 30 Juni 2013.

Kemasan dari pelatihan jurnalisme warga cukup unik karena harus menginap bersama di rumah warga sehingga mampu menyerap segala permasalahan, kejadian, potensi yang dimiliki secara kewilayahan. Selanjutnya dibuatkan suatu berita yang bernilai jurnalistik sehingga bisa diketahui publik dengan harapan pemangku kepentingan bisa memberikan solusi. Secara spesifik, pelatihan jurnalisme akan diajarkan dasar-dasar jurnalistik, mengenal jurnalisme warga, menulis kreatif dan praktek langsung sesuai objek sasaran. Peserta berasal dari perwakilan Jegeg Bagus Klungkung, Forum Krama Muda Nusa Penida, perwakilan STT dan dari kalangan umum. Program pelatihan 2 hari ini diharapkan berjalan efektif dengan out put peserta mampu menulis jurnalisme warga. Hal ini dimungkinkan mengingat peserta telah diseleksi terlebih dahulu kemampuan dasar jurnalistiknya sebagai syarat utama mengikuti pelatihan. Tahapan terakhir kegiatan adalah uploading data dengan memanfaatkan media yang ada, peserta akan diperkenalkan cara pembuatan blog atau website sehingga tulisan yang sudah dibuat bisa diunggah.

Nusa Penida Post vol 25

Download Nusa PenidaPost Vol 25 Klik Gambar di atas!!!

Keterbatasan dana dan benturan jadwal awal antara Nusa Penida Media dan Sloka institute menjadi warna tersendiri. Melalui dukungan dari berbagai pihak, kegiatan pelatihan jurnalistik dan pembuatan blog dengan menginap di rumah warga, akhirnya ditentukan pada akhir Juni 2013. Pada program kali ini, sloka institute sendiri yang didukungi oleh I’m an Angel, sedangkan Nusa Penida Media di-support oleh Bali Star Club sebagai penyedia fasilitas rumah warga, Koperasi Pasar Srinadi, Yayasan Nusa Wisata (http://nusawisata.org), FNPF, FKMNP (http://fdkmnp.blogspot.com/), UD Nusa Permai, Semayaone fast boat, Speed boat Caspla (http://www.baliseaview.com), Hotel Ring Sameton Inn, Politeknik Nasional Denpasar (http://polnas-denpasar.ac.id), KPNP, Sampan Celebrity, Puncak Karang III, Conservation International, dan bantuan perseorangan (I Gede Ariasa). Bantuan ini diharapkan mampu menjembatani upaya untuk mengungkap permasalahan yang ada dan mengangkat potensi terpendam di Nusa Penida sebagai pulau kecil yang sulit dijangkau wartawan mainstream. Demikian pula potensi pariwisata bisa terekspos ke seleuruh dunia sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat Nusa Penida dengan pergerakan ekonomi pariwisata. (NPP)