Warning: Use of undefined constant ‘DISALLOW_FILE_EDIT’ - assumed '‘DISALLOW_FILE_EDIT’' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Peduli Lansia, Puskesmas Nusa Penida I Gelar Pengobatan Gratis
 

Peduli Lansia, Puskesmas Nusa Penida I Gelar Pengobatan Gratis

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Berbagai upaya dilakukan Puskesmas Nusa Penida I untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, terutama para lansia (lanjut usia). Program pelayanan kesehatan bagi para lansia dilaksanakan setiap bulan, kali ini pengobatan gratis berlangsung di Balai Banjar Batumulapan, Desa Batununggul, Rabu (28/5).

Kepala UPT Puskesmas Nusa Penida I, Dr. I Ketut Rai Sutapa memaparkan, kegiatan pengobatan gratis sebagai satu bentuk kepedulian dan perhatian pelayanan kepada para lansia. Peserta difokuskan bagi masyarakat yang ekonominya kurang mampu. Sebelum menjalani pengobatan, lansia diajak untuk mengikuti senam lansia yang dipantu langsung tim medis puskesmas. Para lansia juga diberi pembinaan dan peyuluhan kesehatan terutama tentang penyakit menular.

“Kebanyakan para lansia mengalami sakit rematik dan gangguan gula darah. Meski sudah lansia, harus semangat, ceria agar sehat dan aktif,” terangnya.

Para lansia diajak senam sebelum dilakukan pengobatan gratis

Para lansia diajak senam sebelum dilakukan pengobatan gratis

Kegiatan pelayanan kesehatan bagi lansia memberi manfaat besar bagi warga ekonomi lemah. Minimnya pemahaman warga tentang kesehatan menjadi ancaman tersendiri, banyak warga yang tidak sadar terhadap penyakit yang dideritanya. Kondisi ekonomi yang tidak memadai juga sering menimbulkan pembiaran dan hanya mengandalkan pengobatan tradisional.

“Warga lansia di Batumulapan tampak sangat antusias sekali. Harapannya kegiatan ini akan terus dilakukan bagi lansia serta membentuk posyandu lansia yang berada di daerah lain di Kecamatan Nusa Penida,” tutur Rai.

Seorang warga, I Nyoman Suretsa (72) yang juga koordinator lansia mengaku terbantu dengan adanya program pengobatan gratis ini. Ia pun berharap program serupa bisa terus berkelanjutan. “Kami berterima kasih sekali, kegiatan ini bermanfaat besar bagi. Kami bisa cek kesehatan serta diberikan obat gratis. Kedepannya agar kegiatan ini berkelanjutan serta merata di daerah lainya di Nusa Penida,” pinta Suretsa.

Reporter : Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi