Parade Perdana Ogoh-ogoh Berlangsung Meriah

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru saka 1939 tinggal menghitung hari, berbagai rangkaian acara digelar untuk menyambut hari suci yang dirayakan sekali dalam setahun. Pembuatan ogoh-ogoh menjadi salah satu agenda hampir di seluruh wilayah Bali tak terkecuali di Nusa Penida. Sabtu sore (18/3) ratusan pemuda yang merupakan perwakilan dari masing-masing desa mengikuti parade ogoh-ogoh tingkat kecamatan yang digelar untuk kali pertama. Parade digelar di Lapangan Umum Sampalan yang dibuka langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dan dihadiri Ketua DPRD Klungkung I Wayan Baru, Camat I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Forkominca setempat, Ketua Majelis Alit Desa Pekraman I Wayan Supartawan, seluruh perbekel hingga masyarakat pun ikut tumpah ruah.

Ketua Panitia I Dewa Ketut Suspriawijaya mengatakan parade ogoh-ogoh merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada sekaha teruna maupun karang taruna. Acara ini dimaksudnya selain menghibur masyarakat juga sebagai permersatu menyambut Hari Raya Nyepi.

“Tahun ini adalah pertama kalinya kita menggelar parade, sebelumnya parade dilakukan saat pengerupukan di masing-masing desa bahkan Desa Batununggul menggelar parade tahun lalu,” ucap I Dewa Ketut Suspriajiwa selaku Ketua Panitia.

Suspriajiwa menambahkan parade ogoh-ogoh yang digelar sebagi bentuk apresiasi kepada sekaa teruna maupun karang taruna dalam menyalurkan kreativitas seni. Melalui parade ini juga diharapkan memberi hiburan kepada masyarakat termasuk perekat jelang Nyepi. Setidaknya ada 13 ogoh-ogoh dalam parade yang merupakan perwakilan dari masing-masing desa kecuali Kampung Toya Pakeh. Dua desa lainnya yakni Lembongan dan Jungut Batu tidak hadir karena berbenturan dengan karya yang akan digelar di Jembatan Kuning.

Satu perwakilan juga akan dikirim untuk mengikuti parade serupa di tingkat kabupaten. Tahun ini akan diwakili Karang Taruna Sila Jaya dari Desa Batununggul. Sementara Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya mengaku terharu melihat antusiasme warga dalam mendukung tim dan menyaksikan parade sampai selesai. Mahajaya berharap parade ini memberikan efek lebih buat masyarakat khususnya apalagi pariwisata sedang menggeliat.

“Ada sisi lainya yakni ada kesatuan misi dan misi memperkenalkan budaya kepada wisatawan tidak hanya mengandalkan pemandangan alam. Parade ini secara kontinyuitas digelar setiap tahunnya,” ujarnya.

“Saya sangat bersemangat sekali melihat peserta dengan semangat menampilkan yang terbaik. Menumbuhkan semangat berbudaya masyarakat dimana Nusa Penida sedang mengalami perkembangan dunia pariwisata,” ucap Suwirta usai parade.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi