Warning: Use of undefined constant ĎDISALLOW_FILE_EDITí - assumed 'ĎDISALLOW_FILE_EDITí' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Parade Perahu Layar Penuh Tantangan
 

Parade Perahu Layar Penuh Tantangan

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Lomba perahu layar serangkain Festival Nusa Penida digelar pada siang, Selasa, (10/6) yang diikuti 17 peserta. Sejak pukul 11.00 wita, peserta dari sejumlah kelompok nelayan tampak bersiap-siap dengan ‚Äėjukung‚Äô masing-masing. Begitu dimulai, peserta langsung mendorong jukung dan langsung mengembangkan layar. Rute yang ditempuh dari Pelabuhan Sampalan menuju selatan arah Pura Songaya, Desa Suana dan balik ke posisi awal dengan jarak tempuh kurang lebih 12 mil.

Sorak-sorai dan dukungan pun mengiringi jalannya lomba namun arus kuat dan angin yang lemah membuat peserta kalang kabut. Beberapa kontestan terlihat mundur ke arah utara akibat terbawa aruh. Dari 17 peserta, 10  kontestan bisa melaju ke timur dan 7 balik karena arus deras dan angin yang kurang kencang dan angin mengarah ke utara. Satu peserta bahkan harus dievakuasi dari mangrove dekat Lembongan, jauh melenceng dari rute awal akibat terbawa arus selatan.

Peserta lomba perahu layar

Peserta lomba perahu layar

Informasi yang diterima dari posko kendali dan komunikasi, pukl 15.31 Wita tim penjemput sudah dikirim untuk memandu jukung kembali sandar. Penjemputan difokuskan pada peserta yang keluar dari rute yang ditetapkan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

‚ÄúSepuluh jukung terlihat di rute, 3 jukung termonitor di Angkal, ¬†dan 7 jukung mendekat di Angkal, Desa Suana terpantau tim darat,‚ÄĚ lapor tim pemantau dari jaringan radio komunikasi.

Berdasarakan laporan sementara, posisi pertama lomba diisi jukung atas nama oleh Armada Leson dari Kutapang dan posisi kedua peserta dari Buyuk. Namun posisi ini akan berubah sesuai dengan kondisi di lapangan, panitia yang bekerjasama dengan TNI AL dan Polairud serta tim Paguyuban Gitaning Nusa memang disebar di beberapa titik rute yang dilewati. Tim penjemput sedikit kewalahan dengan kondisi peserta yang terpencar terbawa arus. Beberapa harus ditarik oleh rekannya dan bantuan nelayan.

Reporter: I Gede Sumadi

Editor: Redaksi