Pantai Batu Seha, Pesona di Bawah Tebing Terjal

BATUMADEG, NUSA PENIDA POST

Pesona pulau kecil dengan luas hampir 202 kilometer persegi semakin menarik untuk dijelajahi. Selain sejumlah destinasi favorit yang kerap dikunjungi wisatawan, faktanya masih ada begitu banyak pesona alam yang tersembunyi dan menanti kita untuk menikmati. Secara geografis, wilayah bagian barat dan selatan didominasi gugusan tebing dengan ketinggian hampir 150 meter bahkan sudut kemiringan mencapai 85 derajat namun bukan berarti daerah ini tidak memiliki pantai. Ada sejumlah pantai cantik alami yang belum terjamah dengan posisi di bawah tebing. Jalur untuk mencapai garis pantai pun cukup menantang dan memacu adrenalin.

Pantai Batu Seha yang berada di bawah tebing memiliki hamparan pasir putih dan gugusan tebing karang

Pantai Batu Seha yang berada di wilayah Banjar Pangkung Gede, Desa Batumadeg merupakan satu dari sekian pantai yang berada di bawah tebing terjal yang seolah dipayungi oleh cadasnya karang. Destinasi ini cukup dekat dengan Mata Air Peguyangan dan Temeling namun untuk mencapainya perlu tenaga ekstra. Sarana transportasi tidak bisa langsung menjangkau lokasi, titik pemberhentian berada jauh di atas lembah.

Pengunjung harus berjalan kaki melewati jalur setapak hampir 15 menit hingga sampai di bibir tebing. Selanjutnya perjalanan akan lebih menantang dengan menuruni tebing dan meniti tangga darurat dari bambu dan kayu yang diselipkan dan diikat ijuk di sisi tebing. Sepanjang jalur tebing, pengunjung disuguhi pemandangan laut lepas dan deretan khas tebing karang dengan aneka vegtasi di sepanjang pantai yang menjadi benteng kokoh menjaga Nusa Penida. Sayup-sayup gemuruh ombak samudra yang ganas bisa terdengar dari atas tebing sesekali terlihat buih putih ketika ombak menghamtam tebing karang.

Menurut masyarakat setempat, I Wayan Galung  yang memandu kami, jalur menuju objek sudah pernah dibuka namun terhenti hingga kini.

“Dulu sudah pernah dibuka jalur ini tetapi terhenti. Kedepan ada rencana dari masyarakat untuk mengelola Pantai Batu Seha dengan membuka kembali jalur agar lebih tertata,” ujar Galung (Kamis, 2/11).

Bentangan pantai dengan pasir putih hampir 60 meter dengan lebar 15 meter menjadi spot istimewa untuk berwisata. Suasana masih sangat alami dan jauh dari keramaian. Pantai  ini menawarkan perpaduan pasir putih dan hamparan laut biru yang dibatasi tebing tinggi menjulang. Ada bongkahan batu besar di sisi pantai yang bisa menjadi spot mengambil gambar. Menyusuri pantai yang tidak begitu panjang dan pasirnya yang empuk memberi sensasi tersendiri, sesekali air laut menyentuh kaki dengan lembut. Tidak hanya menawarkan suasana pantai, kawasan ini juga memiliki sumur yang pada masanya dijadikan sumber air utama oleh masyarakat setempat dan satu kolam pemandian dengan luas kurang lebih 100 meter persegi yang hingga kini masih digunakan. Jika air surut, sisi barat juga terdapat goa besar namun tidak disarankan masuk ketika air sedang pasang

Reporter: I Gede Sumadi

Editor: I Komang Budiarta