Ombudsman RI, Klungkung Dinilai Lebih Baik

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Salah satu lembaga negara yang mengawasi penyelenggaraan kebijakan publik, yakni Ombudsman RI Perwakilan Bali memberi nilai plus untuk Kabupaten Klungkung dibandingkan sejumlah kabupaten di Bali. Penilaian ini diberikan berdasarkan beberapa indikator berupa perbaikan baik internal maupun eksternal. Pemkab Klungkung dibawah kepemimpinan I Nyoman Suwirta berhasil melaksanakan tata kelola reformasi birokrasi dan peningkatan layanan publik. Pembangunan infrastruktur dasar yang selama ini menjadi momok terutama ketimbangan pembangunan wilayah daratan dan kepulauan setidaknya secara perlahan berhasil dikikis.

Musrenbangcan Nusa Penida, Rabu (2/3), dihadiri Ombudsman RI Perwakilan Bal

Musrenbangcan Nusa Penida, Rabu (2/3), dihadiri Ombudsman RI Perwakilan Bal

Umar Ibnu Alkhatab selaku Ketua ORI Perwakilan Bali memberi apresiasi langsung terhadap upaya Pemkab Klungkung dalam melakukan perbaikan di sejumlah bidang. Umar bahkan menyebut, dua tahun sebelumnya pernah berkunjung ke Nusa Penida dengan kondisi jalan yang berlubang, namun kini kondisinya jauh lebih baik.

“Saya ke Nusa Penida dua tahun lalu jalannnya banyak lubangnya. Tapi, sekarang malah saya takut mengendarai motor saking mulusnya,” ujar Umar saat menghadiri Musrenbangcam di Nusa Penida, Rabu (2/3).

Musrenbangcam yang dihadiri sejumlah pihak ini, Ibnu menegaskan agar Musrenbang tidak hanya dianggap sebagai seremonial belaka, seharusnya ada ukuran pencapaian yang jelas. Pemkab dengan berbagai unsur penyelenggara termasuk SKPD harus memberikan yang terbaik kepada publik. Dalam dua tahun terakhir, pembangunan di Kabupaten Klungkung cukup menggeliat, warga kepulauan yang selama ini merasa diabaikan sudah mulai ada perubahan dengan berbagai layanan dan perbaikan infrastruktur.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi