Warning: Use of undefined constant ĎDISALLOW_FILE_EDITí - assumed 'ĎDISALLOW_FILE_EDITí' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Wisatawan Ramai, Sarana Pariwisata Mendesak Dibenahi
 

Wisatawan Ramai, Sarana Pariwisata Mendesak Dibenahi

NUSA PENIDA , NUSA PENIDA POST

Pariwisata Bali terkenal keseluruh dunia karena tempat, masyarakat yang ramah, budaya dan keseniannya. Belakangan Bali dirundung berbagai masalah, diantaranya macet, meningkatnya  kriminalitas, bising, sampah,  dan kepadatan penduduk.

Itu diperkuat dari berita ¬†Times edisi 1 April 2011. Times menulis liburan¬†di Bali ibarat berlibur di neraka (holidays in hell)”. Demikian pula Kees van Der Spek, jurnalis TV Belanda menggunggah di youtube 1 April 2013. Video tentang oknum polisi yang ia sogok, oknum money changer dan oknum bea cukai yang curang.

Berita dan video ini cukup mencoreng pariwisata Bali, walaupun tidak sepenuhnya berita dan video yang dibuat kedua jurnalis itu benar menggambarkan keseluruhan situasi Bali.  Namun ini sedikit tidaknya  menampar pariwisata Bali sebagai icon pariwisata dunia .

Situasi Bali dengan masalahnya , membuat sebagian wisatawan mencari tempat lain. Tempat lain itu diantaranya Nusa Penida. ¬†Bayu Wirayudha (46 th) Sabtu, 5/10/2013 mengungkapkan ‚ÄúWisatawan yang berkunjung ke Yayasan FNPF Nusa Penida rata-rata 40 orang perbulan. Tentunya jumlah ini berkali lipat total wisatawan ke seluruh Nusa Penida,‚ÄĚ terang Bayu yang saat ini menjabat Direktur Yayasan FNPF ini.

"Wisatawan Mancanegara menikmati indahnya Pantai Crystal Bay Nusa Penida"

“Wisatawan mancanegara menikmati indahnya Pantai Crystal Bay Nusa Penida”

‚ÄúSelain ke Nusa Penida Daratan seperti Lembongan, Ceningan dan Nusa Gede, banyak wisatawan yang menyelam di perairan Nusa Penida. Wisatawan senang ke sini karena masyarakatnya ramah, kehidupan spiritual yang hening,¬† alam masih asri dan di Nusa Penida tidak ¬†ada yang memaksa wisatawan berbelanja,‚ÄĚ ujar Bayu.

Hal senada juga diungkapkan pemilik Hotel Ring Semeton Inn, Si Made Putra Giri Nusanhana (40 th) Sabtu, 5/10/2013. Ia mengatakan bahwa kunjungan wisatawan ke Nusa Penida mulai meningkat, itu tercermin dari semakin banyak tamu mancanegara yang menginap di hotelnya.

Di kesempatan lain, I Putu Darmaya (38 th) pemilik Boat Caspla Senin, 7 Oktober 2013 memperkuat pernyataan Bayu dan Dek Tra (panggilan akrab Si Made Putra Giri Nusahana). Putu menyatakan kunjungan wisatawan mancanegara di Nusa Penida meningkat.

“Dari data pengunjung yang menggunakan jasa¬†boat Caspla sebulan rata-rata 350 orang wisman (red : wisatawan mancanegara). Kebanyakan wisman datang ingin menyelam di perairan Nusa Penida,” tutur Darmaya.

Bayu, Dek Tra dan Darmaya kompak menyatakan banyak permasalahan yang masih perlu dibenahi di Nusa Penida. Hal mendesak yang perlu dibenahi yakni jumlah penyeberangan Kapal Roro yang hanya sekali, rumah sakit belum tersedia, dan dive shop belum ada. Padahal Nusa Penida  banyak tempat indah seperti Pasih Huug, Crystal Bay, Atuh dan tempat kerajinan tangan seperti Cepuk di Tangglad yang diminati wisatawan.

Sebagai harapan di penutup wawancara dengan Nusa Penida Post, ketiga tokoh pariwisata yang giat mempromosikan Nusa Penida ini berharap agar Nusa Penida ditata dengan baik, dilengkapi sarana dan prasarana seperti jalan, air dan dermaga. Tentunya pariwisata yang dimaksud tanpa meninggalkan keaslian alam dan budaya sehingga Nusa Penida tetap menjadi tujuan favorite wisatawan dunia.

 

Reporter : I Putu Gunawan

Editor : I Wayan Sukadana