Nilai Proyek Infrastruktur Jalan Tembus 44 Miliar Lebih

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Perbaikan infrastruktur terutama jalan raya mendapat perhatian serius Pemkab Klungkung. Sebelumnya jalur utama dari Toya Pakeh – Suana diperbaiki dengan sistem cold mix di tahun 2015 lalu. Tahun ini anggaran pembangunan kembali mengalir. Tak main-main, nilainya tembus 44 miliar lebih digelontorkan untuk perbaikan sejumlah ruas jalan termasuk pembangunan dinding penahan tanah. Kepala UPT. Dinas Pekerjaan Umum Kecamatan Nusa Penida, I Nyoman Suarta menjelaskan ada 21 paket pekerjaan, 5 paket diantaranya sudah berjalan. Suarta juga menegaskan seluruh paket tersebar merata di seluruh wilayah yang disesuaikan dengan skala prioritas.

Anggaran perbaikan sejumlah ruas jalan di Kecamatan Nusa Penida mencapai angka 4 miliar lebih

Anggaran perbaikan sejumlah ruas jalan di Kecamatan Nusa Penida mencapai angka 4 miliar lebih

“Ada 21 paket pekerjaan dengan nilai pagu dana Rp 44.390.293.000, tersebar di 21 ruas jalan termasuk penanganan senderan atau DPT jalan, untuk panjangnya belum direkap karena baru 5 paket yang sudah kontrak,” terang Suarta yang dikonfirmasi Selasa siang (12/7).

“Yang sudah kontrak 5 paket berakhir Oktober 2016 dan batas akhir seluruhnya sesuai akhir tahun anggaran atau batas akhir amprahan sekitar pertengahan Desember 2016. Target semua kontrak paket selesai akhir Juli ini sehingga paling akhir batas kontrak per Desember 2016,” tambahnya.

Meski anggaran dana yang dikeluarkan cukup besar namun tidak bisa menjangkau seluruh wilayah. Besarnya kerusakan dan minimnya perbaikan beberapa tahun lalu hingga kini masih menjadi pekerjaan besar. Pantauan di beberapa titik, sejumlah ruas jalan tampak sudah selesai dikerjakan termasuk di Jungutbatu, Lembongan dan Nusa Penida. Dalam waktu dekat, perbaikan jalan juga menyentuh wilayah Ceningan, jalur Bunga Mekar – Sompang dan juga Pendem menuju Iseh serta ruas jalan lainnya. Pembangunan dinding penahan tanah juga terlihat sudah berjalan sejak sebulan lebih. Kedua sisi jalan diberi penahan bahkan badan jalan yang ambrol juga diperbaiki. Hingga kini dinding penahan sudah terbangun dari sebelah selatan Kantor Desa Suana mengarah ke Desa Tanglad, bahkan satu sisi DPT sudah mencapai Banjar Soyor.

Reporter: I Gede Sumadi

Editor: I Komang Budiarta