Menanti Nasib Dermaga Gunaksa di Penghujung Tahun

SEMARAPURA, NUSA PENIDA POST

Dermaga Gunaksa hingga kini masih belum bisa dioperasikan. Beberapa waktu lalu masyarakat sempat menyebut dermaga ini sebagai tempat mancing termahal. Dermaga yang dibangun sejak 2008 sudah menelah biaya puluhan miliar baik dana pusat maupun daerah. Sesuai dengan rencana, pelabuhan sandingan yang diharapkan warga kepulauan semestinya beroperasi tahun 2012 lalu namun sampai detik ini tak kunjung juga. Berbagai masalah sempat membelit proses pembangunan bahkan menyeret sejumlah oknum ke balik jeruji besi.

Tim Kementrian Perhubungan meninjau pembangunan Dermaga Gunaksa

Tim Kementrian Perhubungan meninjau pembangunan Dermaga Gunaksa

Sabtu sore (14/11) Kementrian Perhubungan mengirim petingginya untuk mengecek langsung kondisi dermaga. Rombongan kementrian dipimpin langsung Direktur DLLASDP, Nurhadi dan diterima Bupati Klungkung, Sekda I Putu Gede Winastra, Kadis PU Bali Ketut Artika, Kepala Balai ASDP Bali, Sugianto, Kadis Perhubungan Klungkung, Nengah Sukasta beserta SKPD terkait. Informasi yang diperoleh redaksi, kunjungan ini sebagai wujud komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk menuntaskan pembangunan dermaga dan mendorong dermaga bisa dioperasikan awal 2016.

Nurhadi berharap dermaga bisa beroperasi secepatnya termasuk jalur akses mesti dipercepat. Kondisi akses jalan menuju dermaga dinilai sangat labil dan jika dibiarkan kemungkinan jalan tidak bisa dilalui kendaraan. Fasilitas seperti mobile bridge diperkirakan akan terpasang segera pada 20 Desember 2015.

Pemerintah Klungkung mengaku siap untuk melakukan pengurugan jalan termasuk penguatan dermaga dengan memasang DED tahun 2016. Penguatan dilakukan dengan cara pembuatan tanggul di sekeliling sisi timur dan utara pelabuhan. Hal ini untuk menjaga areal pelabuhan terhindar dari gerusan luapan air hujan bila terjadi banjir. Selain itu akan ditempatkan alat berat dihilir sungai untuk antisipasi jika aliran sungai tertutup pasir yang didorong oleh aliran sungai.

Usai peninjauan lapangan, Direktur DLLASDP Nurhadi menyampaikan bahwa setelah selesai pembuatan dermaga, supaya pekerjaan lain bisa digarap dan dianggarkan dalam APBD 2016 ditembuskan ke pemerintah pusat. Nurhadi menegaskan bahwa pemerintah pusat dan daerah mempercepat pembangunan agar bisa dipergunakan oleh masyarakat.

“Pusat  mempunyai komitmen yang sama dengan Pemda Provinsi Bali dan Kabupaten Klungkung untuk dapat mempercepat selesainya proyek dermaga, sehingga masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan ini,” jelasnya.

Reporter: Santana ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi