Warning: Use of undefined constant ‘DISALLOW_FILE_EDIT’ - assumed '‘DISALLOW_FILE_EDIT’' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Lomba Perahu Layar Meriahkan HUT Kemerdekaan
 

Lomba Perahu Layar Meriahkan HUT Kemerdekaan

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Berbagai acara digelar untuk memeriahkan HUT RI ke-69, lomba perahu layar merupakan agenda rutin yang digelar pihak Camat Nusa Penida, Sabtu, 16 Agustus 2014. Kondisi perairan yang kurang bersahabat ditambah angin yang berhembus kencang tidak menyurutkan niat peserta tetapi justru membuat lomba lebih  kompetitif. Aksi kejar-kejaran pun terjadi diiringi tepuk tangan warga yang menonton dari bibir pantai. Meski jumlah peserta berkurang dari tahun sebelumnya namun rata-rata peserta adalah mantan juara pada lomba sebelumnya.

“Jumlah peserta menurun dari tahun penyelenggaraan sebelumnya. Penyebabnya banyak, sekarang banyak desa menyelenggarakan upacara ngaben (red; upacara kremasi) jadi mereka sibuk. Disamping itu, peserta sudah terseleksi, hanya 12 dari 14 peserta yang mendaftar. Lomba kali jauh lebih kompetitif karena kebanyakan peserta merupakan juara yang sudah malang melintang pada lomba yang sama,” ujar panitia, I Putu Suartawan.

Lomba perahu layar digelar untuk memperingati HUT RI ke-69 (16/8)

Lomba perahu layar digelar untuk memperingati HUT RI ke-69 (16/8)

“Grafik jumlah peserta naik turun setiap tahunnya bahkan tiga tahun sebelumnya, peserta membludak hingga kekurangan tempat start. Hadiahnya memang kecil tetapi saya rasa bukan itu orientasinya,” imbuh Suartawan lagi.

Hal yang sama juga diungkapkan peserta lomba, I Ketut Rai, menurutnya lomba tidak mengacu pada hadiah semata, semangat nasionalisme lebih dikedepankan. “Angin menjadi penentu perlombaan ini. Disamping keahlian para peserta, kondisi layar dan perahunya. Hadiah sangatlah kecil, namun bukan itu yang menjadi persoalan tapi semangat dan rasa nasionalis pada peringatan hari kemerdekaan,” tandas Rai.

Titik awal dan finish dimulai di Pantai Pura Dalem Batununggul yang dilepas langsung oleh Komandan Pos Angkatan Laut Nusa Penida, Letda laut (T) Hari Susanto. Lomba dihadiri oleh Kapolsek Nusa Penida, Kompol I, Danposal Nusa Penida dan Kasatpol Air Nusa Penida, I Putu Ardana serta para pecinta lomba perahu layar lainya.

Peserta lomba menempuh rute sepanjang 10 mil dari titik awal menuju Pantai Suana dan berbalik ke garis awal. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi akibat cuaca buruk, pihak panitia meminta bantuan dari sejumlah instansi.

“Kami menerjunkan semua anggota Pos TNI-AL Nusa Penida dibantu aparat kepolisian, Kasatpol Air serta semua pihak agar perlombaan berjalan lancar sesuai harapan bersama,” ungkap Hari.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi