Lomba Gerak Jalan Indah Meriahkan Hari Kemerdekaan

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Semarak perayaan Hari Kemerdekaan RI begitu terasa hampir di seluruh penjuru negeri termasuk di wilayah Nusa Penida. Ratusan siswa sekolah dasar yang terbagi dalam beberapa kelompok mengikuti lomba gerak jalan indah. Jika biasanya para peserta lomba gerak jalan memakai seragam formal, kali ini pakaian yang dikenakan cukup unik dengan berbagai motif dan model hiasan. Sepanjang perlombaan dengan titik awal di depan kantor camat, suara tepuk tangan dan kencangnya nyanyian mengiringi gerakan para peserta. Semua kelompok juga menyajikan atraksi di depan para dewan juri. Langkah kaki-kaki kecil dan gerakan yang ditampilkan para peserta mampu membuat warga di rute yang dilewati tertawa lepas.

Penampilan salah satu kelompok peserta lomba gerak jalan indah

Penampilan salah satu kelompok peserta lomba gerak jalan indah

“Gerak jalan indah perdana dilombakan namun kelincahan dan seragam gerak mampu dipersembahkan menghibur warga yang hadir. Peserta yang sedikit mendaftar 17 kelompok sementara 4 peserta tidak datang,” papar kordinator lomba I Putu Suartawan saat ditemui di lokasi lomba, Kamis (11/8).

Menurut Suartawan, ada empat kategori yang dinilai mulai seragam tim, keindahan barisan, kekompakan barisan dan keutuhan. Meski begitu, keindahan kostum belum masuk kategori penilaian. Pendamping lomba dari SDN 2 Sakti, Kadek Yuni Suhendra mengakui tim yang didampinginya sudah melakukan persiapan sejak Juli lalu dengan dibantu mahasiswa ISI Denpasar yang menggelar KKN.

“Sudah hampir 1 bulan latihan dengan dibantu adik-adik mahasiswa ISI Denpasar yang KKN. Kedepan kami berharap jumlah peserta jauh lebih banyak,” ujarnya.

Peserta lomba kali pertama dilepas langsung Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Mahajaya dengan start di depan kantor camat finish di Balai Banjar Mentigi. Setiap peserta dibatasi durasi maksimal untuk mencapai titik terakhir termasuk menampilkan sejumlah aksi. Titik penilaian tersebar di garis awal lomba, depan Kantor UPT Perikanan Peternakan dan Kelautan Nusa Penida, dan Balai Banjar Mentigi.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi