Koperasi, Tuan Rumah Membangun Ekonomi Rakyat

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Dalam Undang-undang Dasar 1945, khususnya pasal 33 ayat (1) dinyatakan dengan sangat jelas bahwa perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Masih pada pasal yang sama dinyatakan kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan bukan kemakmuran orang-seorang ataupun korporasi. Dari penjelasan ini, koperasi dinilai lembaga yang paling tepat dikembangkan untuk menciptakan gerakan ekonomi masyarakat. Koperasi memiliki peran sentral dalam membentuk dan menjaga tatanan ekonomi nasional.

HUT ke-V KSP Artha Agung Kusuma diisi jalan santai dan penyerahan sembako

HUT ke-V KSP Artha Agung Kusuma diisi jalan santai dan penyerahan sembako

Koperasi menjadi satu satunya badan usaha yang mengembangkan potensi masyarakat dan bertujuan untuk mesejahterakan masyarakat itu sendiri. Dalam perjalanannya, koperasi mengalami pasang surut dengan berbagai persoalan. Khusus di wilayah Nusa Penida, ada sejumlah koperasi yang masih aktif namun tak sedikit juga yang gulung tikar. Salah satu koperasi yang kini semakin menggeliat adalah KSP Artha Agung Kusuma. Diusianya yang kini menginjak 5 tahun, aset yang dimiliki sudah tembus Rp 4.000.000.000. Hal ini diungkapkan oleh I Dewa Gede Wipradnyana saat perayaan ulang tahun koperasi.

“Tahun 2015, aset koperasi mencapai 4 milliar lebih dengan anggota 35. Hal ini kita selektif memilih anggota untuk menghindari nasabah yang nakal,” terang Wipradnyana yang juga ketua panitia perayaan, Sabtu (9/4).

“Kegiatan sosial sesuai visi kita mendepankan orientasi sosial dan budaya berupa pembagian sembako kepada lansia, dana sosial kepada warga yang meninggal, dana punia, tirta yatra dan jalan sehat. Peserta tambah semangat jalan santai karena ada pengundian hadiah,” imbuhnya.

Perayaan hari jadi KSP Artha Agung Kusuma yang diisi jalan dengan titik awal dan akhir di depan kantor koperasi, Banjar Geria Tengah, Desa Batununggul. Acara dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Diperindag, Koperasi dan UMKM Klungkung, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya serta anggota. Dalam sambutannya, Suwirta meminta Dinas Koperasi membuat wadah koperasi tingkat kecamatan sebagai sarana berbagi informasi terkait pengelolaan dengan tetap mengacu prinsip koperasi berikutnya lebih kreatif memanfaatkan peluang usaha.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi