Koperasi Garap Sektor Riil, Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Keberadaan koperasi diyakini mampu menggerakan sektor ekonomi masyarakat hingga ke tingkat akar bawah. Koperasi dengan sistem pengelolaan yang memiliki ciri khas tersendiri bisa menjadi andalan masyarakat termasuk wilayah pedesaan yang minim lembaga keuangan. Wilayah Nusa Penida yang terkenal dengan sejumlah komoditi andalan seperti rumput laut, sapi, perikanan seharusnya bisa mendongkrak ekonomi masyarakat dengan pengelolaan koperasi yang handal dengan kerakyatan.

Hut koperasi ke-69 di Kabupaten Klungkung dipusatkan di Nusa Penida, diisi dengan penyerahan sertifikat

Hut koperasi ke-69 di Kabupaten Klungkung dipusatkan di Nusa Penida, diisi dengan penyerahan sertifikat

Hal ini disampaikan langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta pada peringatan hari Koperasi Nasional yang ke-69 yang dipusatkan di Balai Desa Batununggul, Rabu (27/7) kemarin. Suwirta mengingatkan, prinsip-prinsip dasar koperasi bisa menjadi acuan jelas dalam tata kelola sebuah koperasi. Tidak hanya sebatas melayani simpan pinjam, koperasi dengan manajemen yang baik bisa menggarap sektor riil. Kondisi dipastikan bisa menggairahkan perekonomian masyarakat. Berbagai potensi yang ada pun tergarap maksimal. Koperasi juga diharapkan bisa menjalin kerjasama untuk memperluas jejaring sehingga bisa tumbuh dan berkembang.

“Perasaan sama membangun ekonomi kerakyatan dari peluang kecil sampai besar dengan mensinergikan potensi Nusa Penida dan Klungkung daratan,” terang Suwirta disela-sela sambutannya.

I Nyoman Landep selaku ketua panitia acara menyampaikan koperasi mengemban tugas mulia dengan menjalankan kegiatan ekonomi kerakyatan yang berbasis kekeluargaan. Acara peringatan yang juga diisi potong tumpeng juga dihadiri Ayu Suwirta, Diskoperindag Koperasi dan UMKM Gede Kusuma Jaya, Dekopnasda Klungkung Ngakan Gede Nata, Kabag Humas I Wayan Parna, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya serta pengurus koperasi se-kabupaten Klungkung. Puncak acara peringatan ditandai dengan pemotongan tumpeng serta penyerahan sertifikat untuk koperasi terbaik berbagai kategori serta penyerahan bantuan berupa sembako dan kursi roda kepada masyarakat.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi