Kompetisi LST Promosikan Lembongan Destinasi Wisata Favorit

LEMBONGAN, NUSA PENIDA POST

Lembongan Surf Team kembali menggelar kompetisi untuk mencari bibit pemain surfing kelas dunia. Sejak digulirkan beberapa tahun lalu, LST sudah menggelar kontes sebanyak 16 kali dan tercatat sebagai komunitas yang paling produktif dalam gelaran kompetisi selancar di leven nasional. LST pertama kali digagas wisatawan asing bernama Caron asal Hawai, Amerika Serikat. Sejumlah nama peselancar dunia seperti Pulu juga terlahir dari gelaran kontes LST.

LST kembali menggelar kontes surfing yang dimulai Minggu (24/7) dan dibuka langsung Bupati Klungkung

LST kembali menggelar kontes surfing yang dimulai Minggu (24/7) dan dibuka langsung Bupati Klungkung

Caron yang hadir pada pembukaan terharu melihat komunitas yang digagasnya bisa memberi hal positif bagi generasi muda dalam bentuk prestasi dan secara tidak langsung turut mempromosikan Lembongan sebagai destinasi wisata.

“Apa yang saya bentuk telah memberikan arti lebih buat pemuda di sini baik untuk dirinya maupun untuk pulau tercintanya,”ujar Caron.

Ketua LST, I Wayan Lena dalam sambutan pembukaan menyebutkan 16 kali kontes surifng digelar sejak digagas pada 2001 lalu. Kompetisi yang digelar rutin setiap tahun ini telah melahirkan pemain surfing kaliber nasional dan internasional. Selain itu, LST juga bergerak di bidang sosial dengan menggelar penanaman mangrove dan aksi bersih pantai secara teratur untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Lena juga menekankan kegiatan ini bisa menghindarkan anggotanya dari penyalahgunaan narkoba.

“Kontes yang memasuki penyelenggaran ke 16, banyak berjasa dalam kiprah LST sampai sejauh ini. Selain kontes, kami mengadakan sosial seperti penanaman mangrove dan bersih pantai. Setiap dua minggu sekali bersih pantai dilakukan guna menumbuhkan rasa empati terhadap lingkungan khususnya Nusa Lembongan setidaknya bebas dari sampah,” papar Lena Sabtu (23/7).

“Tujuan kontes ini tiada lain mencari bibit peselancar sekaligus mempromosikan Nusa Lembongan ke kancah internasional,” tambah Lena

Minggu kemarin (24/7), kontes LST dengan tema ‘Samada Surfing Series’ dibuka langsung oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang didampingi langsung Kabag Humas I Wayan Parna, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Mahajaya serta sejumlah tokoh masyarakat. Dalam sambutannya, Suwirta menekankan potensi wisata bisa berkembang dengan kolaborasi berbagai potensi yang ada baik bahari, alam dan budaya. Ditegaskan pula kompetisi surfing akan menjadi agenda yang terintegrasi dengan penyelenggaraan Festival Nusa Penida.

“Saya akan agenda kontes surfing menjadi agenda tahunan semua biaya akan ditanggung pemkab. Ide cemerlang kompetisi surfing akan satu paket dengan event Nusa Penida Festival,” terangnya .

Setidaknya ada tiga kelompok peserta yang diperebutkan pada ajang kontes kali ini,mulia dari peserta U-14, U-21 dan kelas terbuka atau senior. Ada tiga kali tahapan kontes, periode pertama pada 24 Juli yang berlangsung di spot playground. Sesi kedua berlangsung di Mushroom Bay pada 21 Agustus mendatang dan khusus babk final akan dipilih satu hari terbaik pada 14 hingga 19 September di spot favorit Shipwreck. Data panitia penyelnggaran setidaknya ada 60 peselancar yang ikut pada kontes ini.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi