Kapal Pesiar Perdana, Awal Kemajuan Pariwisata

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Upaya nyata untuk membangkitkan potensi Nusa Penida secara perlahan mulai menunjukkan sinyal positif. Keindahan serta keunikan alam dan budaya menjadi daya tarik luar biasa tetapi masih diperlukan kerja keras semua komponen untuk memperkenalkan potensi yang ada. Harus diakui Nusa Ceningan dan Lembongan berkembang lebih dulu dibandingkan Nusa Gede. Proses perkembangannya pun dilakukan secara mandiri oleh masyarakat dan minim peran pemerintah daerah sehingga pariwisata berkembang kurang terkendali. Kini Pemkab Klungkung lebih aktif dan terjun langsung dalam menata perkembangan pariwisata termasuk dalam hal perijinan. Jika sebelumnya banyak keluhan terhadap proses perijinan yang dinilai berbelit, kondisi saat ini sangat berbeda, hanya dalam hitungan satu minggu ijin sudah turun asalkan sesuai dengan ketentuan.

Merapatnya kapal MV National Geographic IV Orion seolah menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk membangun potensi pariwisata. Sabtu siang, 18 Oktober 2014, Kapal National Geographic lego jangkar sekitar 1 mil dari bibir pantai Pelabuhan Buyuk. Selanjutnya, ratusan penumpang ditransfer menggunakan sekoci. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Ketua DPRD Klungkung, I Wayan Baru, Kadishub, I Wayan Sukasta, Camat Nusa Penida dan Direktur FNPF, I Gede Nyoman Bayu Wirayuda menyambut langsung tamu yang datang. Sejumlah wisatawan pun mendapat kalungan kain khas, rangrang.

Bupati Klungkung menyambut langsung kedatangan rombongan MV National Geographic

Bupati Klungkung menyambut langsung kedatangan rombongan MV National Geographic

Rombongan selanjutnya diarahkan menuju Hotel Ring Semeton Inn untuk santap siang bersama dengan sajian makanan asli Nusa Penida dan menyaksikan pementasan Tari Jangkang. Disela-sela acara, perwakilan pemerintah daerah menunjukkan semua keindahan yang ada lewat kemasan video yang membuat rombongan berdecak kagum.

Usai makan siang, rombongan National Geographic berkunjung melihat pelestarian burung di Friends of National Parks Foundation (FNPF). Kali ini Bupati Klungkung kembali beraksi layaknya sales promotion dengan memaparkan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Klungkung berupa alam, satwa endemik, bahari, seni budaya dan spiritual. Berlatar pengusaha dan berbekal pengalaman marketing, Suwirta terlihat begitu lihai dalam berpromosi di tengah ratusan wisatawan yang duduk melingkar. Tak lupa, ratusan keping CD yang berisi rangkuman semua potensi wisata yang dimiliki Klungkung juga dibagikan.

“Kami memiliki banyak potensi wisata, alam yang indah, budaya yang unik termasuk satwa yang dilindungi, bahkan Juni yang lalu kawasan kita dijadikan Kawasan Konservasi Perairan (KKP),” papar Suwirta.

Pada agenda akhir, seluruh penumpang dan crew diajak ke wantilan Pura Dalem Ped dan dilakukan pelepasan ‘curik’ jalak Bali oleh bupati, Ketua DPRD dan pemimpin rombongan kapal National Geographic Orion IV. Direktur FNPF, I Gede Nyoman Bayu Wirayuda mengatakan kedatang kapal pesiar kali ini secara khusus memuat wisatawan yang notabene pecinta satwa langka terutama burung jalak Bali.

“Mudah-mudahan kedatangan kapal pesiar pertama ini menjadi tonggak kemajuan pariwisata di Nusa Penida,” ujarnya.

Reporter: Santana Ja Dewa & Wayan Sukadana

Editor: I Gede Sumadi